Dukung Pembebasan Papua Barat, Miss New Zealand Dihujat Netizen Indonesia

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 26 Jun 2020 11:32 WIB
Diamond Langi Foto: Miss Universe
Jakarta -

Miss New Zealand Diamond Langi mengaku mendapat serbuan komentar tidak menyenangkan dari netizen Indonesia. Hal itu terjadi ketika wanita berdarah Tonga itu menyatakan dukungannya terhadap pembebasan Papua Barat. Tak hanya mengritik kampanye yang menjadi bagian dari gerakan Black Lives Matter tersebut, keluarga hingga teman Diamond Langi juga ikut diserang.

Diamond Langi menunjukkan kepeduliannya dengan masalah diskriminasi di Papua Barat. Beberapa waktu lalu Diamond pun mengunggah video mengenai kampanye #FreeWestPapua yang seolah mendukung pembebasan wilayah tersebut dari Indonesia. Sayangnya hal itu malah menjadi kontroversi di kalangan netizen Indonesia hingga membuatnya menutup media sosial.

"Postingan yang aku buat adalah #FreeWestPapua dengan sebuah video yang menunjukkan diskriminasi yang dialami orang-orang Papua Barat selama bertahun-tahun. Aku ingin membawa kesadaran dengan apa yang terjadi dengan orang-orang Papua Barat terlebih dengan adanya gerakan Black Lives Matter sekarang," kata peserta Miss Universe 2019 itu kepada The Coconet TV.

Diamond LangiDiamond Langi Foto: Instagram Diamond Langi via Coconet TV

"Aku sudah meminta dengan baik kepada Miss Indonesia yang aku temui tahun lalu di Amerika ketika berkompetisi di Miss Universe tahun lalu untuk berbicara dengan presiden negaranya agar membebaskan tujuh aktivis yang dinyatakan bersalah karena pengkhianatan ketika protes menentang rasisme," ungkapnya.

Setelah mengunggah video tersebut, Diamond melihat Instagram-nya dibanjiri oleh komentar tidak menyenangkan. Menurut wanita yang juga peduli dengan isu perubahan iklim hingga bunuh diri ini, akunnya mendapat paling tidak 10 ribu komentar sehari yang menunjukkan ketidaksukaan dengan kampanye #FreeWestPapua.

Diamond LangiDiamond Langi Foto: Instagram Diamond Langi via Coconet TV

"Dan mereka mulai melecehkan keluargaku, teman-teman dekatku bahkan organisasi yang bekerja sama denganku. Aku seperti wow jika ini terjadi padaku hanya karena membuat postingan, bayangkan apa yang terjadi dengan orang-orang yang ada di Papua Barat," tutur Diamond.

Kini jejak Diamond Langi di media sosial tidak bisa ditemukan karena ia memang mengistirahatkannya. "Aku sudah deactivate beberapa media sosial untuk sementara waktu tapi jangan khawatir aku akan segera kembali," ucapnya.

Diamond Langi yang kini berprofesi sebagai fashion stylist dan pemusik sekaligus menjalani modeling dan akting tersebut memang kepedulian dengan isu-isu sosial. Miss Universe New Zealand ini punya semangat besar untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Karena itu, ia terinspirasi untuk membuat organisasi non profit yang dinamakan The Diamond Langi Foundation.

Diamond LangiDiamond Langi Foto: Miss Universe



Simak Video "Dari Teko Hingga Srikandi, Kostum Miss Universe 2019 Curi Atensi"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)