Kisah Tragis Mahasiswa Bunuh Diri Setelah Ketahuan Nyontek Saat Ujian

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 11 Jun 2020 18:09 WIB
Sad young teenage girl in the night city. Ilustrasi bunuh diri. Foto: iStock
China -

Ketahuan menyontek saat ujian bisa jadi salah satu hal memalukan dalam hidup. Seperti terjadi oleh mahasiswa asal China ini yang ketahuan berbuat curang saat ujian berlangsung di universitasnya. Malu karena ketahuan mencontek ia pun memilih untuk bunuh diri.

Seorang mahasiswa melompat dari sebuah gedung dan meninggal setelah dia ketahuan menyontek dalam ujian pada Sabtu, (6/6/2020). Menurut laporan Shanghaiist, mahasiswa yang bermarga Shi ini belajar di North University of China. Ia pun ketahuan melihat ponsel yang disembunyikan di bawah mejanya selama ujian.

Kertas ujian Shi diambil oleh petugas dan ia menghabiskan waktu 20 menit menangis di mejanya sebelum meninggalkan ruangan. Mahasiswa berusia 20 tahun ini kemudian menuju ke puncak gedung dan melompat setelah mengirim pesan teks terakhir kepada ibunya yang berbunyi, "maaf".

Anggota keluarga Shi yang terkejut dengan kematiannya menuduh universitas dan mencatat bahwa petugas telah gagal menghibur Shi ketika ia menangis di mejanya sebelum mengakhiri hidupnya.

"Kami mengakui bahwa itu adalah kesalahan sepupu saya untuk menyontek saat ujian, tetapi itu tidak berarti universitas harus menghindari tanggung jawab atas tragedi yang terjadi di kampus selama jam sekolah," kata salah satu kerabat Shi.

Sementara itu, pihak universitas mengatakan bahwa dosen yang bertugas itu tidak melakukan kesalahan untuk insiden yang terjadi pada Shi. Insiden ini pun telah menjadi salah satu topik terpanas di media sosial. Banyak netizen yang mengatakan bahwa mahasiswa itu terlalu tertekan untuk memenuhi harapan orang tuanya.

"Mungkin orang tua siswa terlalu keras padanya untuk tumbuh menjadi dewasa sehingga dalam dirinya terus-menerus merasa seperti membawa dunia di pundaknya sampai dia tidak tahan lagi," komentar netizen.

"Terlalu banyak tekanan padanya yang menyebabkan dia menyontek, tetapi dia ketahuan dan mengakhiri hidupnya. Dan itu karena keluarga. Keluarga harus disalahkan," komentar yang lain.



Simak Video "Kate Spade Sudah Lama Berjuang Lawan Depresi"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/eny)