Viral Mahasiswa Surabaya Sidang Skripsi Online karena Pandemi Virus Corona

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 21 Mar 2020 18:01 WIB
Young man working on the laptop at night Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Pandemi virus corona yang telah menyebar di Indonesia membuat pemerintah membuat kebijakan untuk instansi pendidikan meniadakan kegiatan belajar mengajar di kampus atau sekolah. Para siswa pun dihimbau untuk belajar di rumah demi mencegah penyebaran Covid-19.

Tidak adanya kegiatan di sekolah atau kampus ini pun mengharuskan seorang mahasiswa untuk melangsungkan sidang skripsi secara online. Baru-baru ini mahasiswa asal Surabaya bernama Mustafa jadi viral setelah video dirinya yang sidang skripsi online di kosan tersebar di media sosial.


Pada video yang viral itu Mustafa berpakaian formal menjelaskan tentang penelitian skripsinya. Melalui panggilan video Whatsapp ia pun sudah terhubung dengan dosen penguji yang siap menguji skripsinya.

[Gambas:Instagram]



Saat dihubungi Wolipop, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya ini mengaku bahwa sidang skripsi online yang dilakukannya karena kebijakan pemerintah untuk melakukan social distancing demi mencegah penyebaran virus corona . Awalnya Mustafa pun dapat jadwal sidang offline seperti biasa, namun karena pandemi Covid-19, sidang skripsinya dilakukan secara online melalui panggilan video Whatsaap.

"Awalnya dapat jadwal sidang offline seperti biasa. Daftar sidang pada 13 Maret, dan dapat jadwal sidang 19 Maret. Konfirmasi deh sama penguji bahwa di tanggal tersebut ada sidang skripsiku," cerita Mustafa kepada Wolipop, Sabtu (21/3/2020)

"Setelah itu ada pemberitahuan kampus bahwa mahasiswa libur karena himbauan pemerintah. Sehari sebelum sidang, dosen pembimbing nyaranin buat sidang online. Jadi konfirmasi ulang deh sama penguji. Tapi alhamdulillah semua penguji bersedia sidang bisa online," imbuhnya.


Sama seperti sidang skripsi offline, pria asal Lamongan, Jawa Tengah ini pun mengaku merasa deg-degan saat harus mempresentasikan hasil penelitiannya. Mustafa pun melakukan sidang skripsi online selama 50 menit dan dinyatakan lulus dengan revisi. Ia pun tak menyangka jika video sidang skripsi online yang dilakukannya di kosan itu menjadi viral.

"Atribut di video juga spontan dari teman-teman. Banyak yang kasih ucapan selamat dan support dukungan baik teman, dosen, guru. Teman-teman malah live IG," ujar mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga itu.



Simak Video "Ilmuwan Ungkap Cara Paling Aman Bercinta di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/kik)