Ini Inovasi Kuburan Ramah Lingkungan, Kamu Bisa Jadi Pohon Saat Meninggal

Vina Oktiani - wolipop Minggu, 23 Feb 2020 09:00 WIB
capsula mundi Capsula Mundi / Foto: Capsula Mundi
Jakarta -

Pemakaman atau kuburan pada umumnya bisa menghabiskan banyak lahan yang akan berdampak pada kehidupan bumi di masa mendatang. Bayangkan kamu harus mengeluarkan uang untuk membeli peti mati, dan jika peti itu ikut dikuburkan maka hal itu akan merenggut nyawa dari pohon-pohon hidup. Tidak hanya pemakaman, kremasi juga membutuhkan banyak energi. Jumlah energi yang digunakan pada saat kremasi setara dengan yang digunakan oleh orang hidup dalam satu bulan kehidupan mereka. Selain itu, kuburan atau makam juga membutuhkan air dan biaya perawatan yang tidak sedikit. Namun berkat penemuan cemerlang dari dua orang desainer Italia ini, permasalahan tersebut bisa dihindari.

Dua orang desainer Italia bernama Anna Citelli dan Raoul Bretzel menciptakan metode terbaru untuk mengubur orang yang sudah meninggal. Kedua desainer tersebut menciptakan eco-pod yang ramah lingkungan untuk mengubur orang-orang yang sudah meninggal. Eco-pod yang ramah lingkungan ini dinamakan Capsula Mundi.

Metode Ini Bisa Mengubahmu Menjadi Pohon Saat Kamu MeninggalFoto: Capsula Mundi

Capsula Mundi terbuat dari plastik pati yang mudah terurai, seperti dari kentang dan jagung. Pod atau kapsul ini yang nantinya akan dipakai untuk membungkus jenazah. Jenazah akan ditempatkan seperti layaknya posisi janin saat berada di dalam perut.

Pod tersebut lalu akan dikuburkan di dalam tanah bersama dengan biji tanaman yang diinginkan. Biji tanaman akan diletakkan di atas pod sehingga tubuh dari jenazah tersebut akan memasok banyak nutrisi bagi tanah dan biji tanaman di atasnya. Pohon yang tumbuh dari proses ini bisa bertahan hingga 10 sampai 40 tahun.

Tidak hanya yang berukuran manusia, Anna dan Raoul juga mendesain ukuran yang lebih kecil untuk memasukkan abu jenazah. Jika kamu berminat untuk membeli, kamu bisa langsung mengunjungi website resminya karena mereka juga melayani pembelian luar negeri. Untuk satu buah Capsula Mundi berukuran kecil dijual dengan harga US$ 457 atau sekitar Rp 6,3 juta. Capsula Mundi menyediakan dua pilihan warna yang dapat kamu pilih, yaitu warna Sand dan White.

Bisa kamu bayangkan jika banyak orang yang menggunakan Eco-Pod ini, maka akan tercipta 'Memorial Forest' yang pastinya akan memberikan dampak yang sangat positif bagi lingkungan di masa depan. Apakah kamu berminat mencobanya kelak?



Simak Video "Seru! Acara Pixy Steal the Spotlight Medan Dipadati Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)