Allan Wangsa Meninggal, Kenang Kisahnya yang Suka Bikin Parodi Artis

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 05 Feb 2020 11:26 WIB
Allan Wangsa dari instagram. Allan Wangsa meninggal dunia Selasa (4/2/2020). Foto: Dok. Instagram/allanwangsa
Jakarta -

Allan Wangsa meninggal dunia pada Selasa (4/2/2020). Kepergian Allan Wangsa meninggalkan duka di kalangan pengguna Instagram karena dia populer di media sosial dengan kontennya foto parodi artis.

Sosok Allan Wangsa melejit pada 2014 saat dia konsisten membuat konten foto parodi artis. Sebelumnya, pria kelahiran 8 Desember 1988 itu juga pernah menjadi pemenang reality show Big Brothers.


Berbincang dengan Wolipop pada suatu hari di 2014, Allan Wangsa mengisahkan bagaimana dirinya bisa mendapatkan banyak followers di Instagram lewat konten-konten parodinya. Allan yang pernah bekerja sebagai program director di radio Cosmo itu memulai konten foto parodi artisnya dengan membuat foto Raline Shah di layar lebar 99 Cahaya di Langit Eropa. Ada tiga foto dari film yang juga dibintangi Acha Septriasa itu yang diparodikannya.

Allan Wangsa & Andre BailingAllan Wangsa & Andre Bailing Foto: Dok. Instagram/allanwangsa



"99 Cahaya beres, filmnya meledak, orang-orang minta aku buat lagi. Sempat bingung, aduh buat apalagi ya. Akhirnya bikinlah artis-artis yang aku suka," ujar pria dengan nama akun Instagram @allanwangsa itu saat berbincang dengan Wolipop di sebuah kafe di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada 2014.

Allan semakin terkenal di Instagram setelah foto parodi karyanya mendapat atensi dari selebriti dunia Tyra Banks. Tyra bahkan menjadi followers Allan Wangsa.

""Setelah Tyra Banks itu kayak efek bola salju. Orang-orang semakin berekspektasi ayo dong bikin lagi. Aku jadi kayak kejebak sendiri karena banyak orang nunggungin. Karena permintaan banyak orang akhirnya berlanjut," cerita Allan yang setiap fotonya di Instagram mendapat ratusan hingga ribuan like itu.

Alan Wangsa Meninggal, Kenang Kisahnya yang Suka Bikin Parodi ArtisFoto parodi artis Allan Wangsa. Foto: Dok. Allan Wangsa



Pada saat konsisten mengunggah foto parodi artis, setidaknya ratusan foto dibuatnya. Dia rajin membuat foto parodi artis untuk memenuhi permintaan followers yang selalu saja memintanya memparodikan gaya berbagai selebriti. Para artis yang pernah diparodikan Allan Wangsa di antaranta Agnez Mo, Krisdayanti hingga mantan ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama.

Dari banyak foto parodi yang sudah dibuat tersebut, ada beberapa yang meninggalkan kesan untuk Allan. Foto-foto tersebut di antaranya adalah foto parodi Tyra Banks. Selain menjadi followers, model yang menjadi penggagas acara 'America's Next Top Model' itu me-regram atau mengunggah ulang foto Allan di Instagram. Dia juga memuji karya pria asal Bandung, Jawa Barat itu.

Dalam membuat foto parodi artis, Allan Wangsa mengaku banyak dibantu teman-temannya di radio tempatnya bekerja. Namun untuk urusan kostum, dia mengaku tak menyiapkan secara khusus.

Alan Wangsa Meninggal, Kenang Kisahnya yang Suka Bikin Parodi ArtisAllan Wangsa membuat parodi gaya Syahrini. Foto: Dok. Allan Wangsa



Kalaupun tidak punya busana yang sesuai untuk foto parodi, dia akan meminta bantuan teman-temannya. Mereka dengan sukarela meminjamkannya kepada Allan.

Apakah tidak pernah ada busana yang dibeli Allan? "Kalau nggak dapat banget (pinjaman teman), baru cari ke Gedebage," jawabnya. Gedebage yang dimaksud Allan adalah pasang barang bekas. Pasar tersebut kerap jadi tujuan anak muda dalam mencari baju-baju bekas yang masih layak pakai. Kreatifitas memang kunci sukses Allan dalam membuat foto parodi artis.


Setelah tren foto parodi artis berlalu, kreativitas Allan Wangsa tak ikut mati. Dia beralih ke YouTube dengan membuat channel bernama Syahdu And Luxury bersama sahabatnya Andre Bailing. Channel YouTube yang kerap menampilkan konten makan siang syahdu nan kocak itu hingga saat ini sudah memiliki lebih dari 40 ribu subscriber.

Selain melalui channel YouTube bersama Andre Bailing, Allan Wangsa juga populer melalui konten video Meja Gunjing di akun YouTube.

Kini Alla Wangsa yang memang dikenal suka melucu itu telah tiada. Allan meninggal dunia Selasa (4/2/2020). Banyak rekan sesama artis dan selebriti Instagram yang kaget akan meninggalnya Allan Wangsa. Tak banyak yang tahu kalau Allan yang kocak itu ternyata menderita penyakit ginjal.



Simak Video "Kegiatan #dirumahaja: Bikin Kerajinan Oshie Khas Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)