Merayakan Keragaman, Mattel Rilis Barbie Vitiligo hingga Tanpa Kaki

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 28 Jan 2020 14:35 WIB
barbie Foto: dok. Mattel
Jakarta -

Perusahaan boneka Mattel merayakan keragaman dengan merilis Barbie dengan berbagai kondisi. Barbie kini ada versi vitiligo hingga tanpa kaki yang mewakili keragaman kondisi.

Mattel mengatakan ingin memberikan pandangan multi dimensi tentang kecantikan dan mode. Sebagai merek global, Barbie ingin menunjukkan keragaman global dan inklusivitas.


Barbie memperkenalkan Barbie dengan kondisi kulit vitiligo. Salah satu model vitiligo yang populer adalah Winnie Harlow, di mana kondisi kulitnya memiliki bercak putih dan belang. Hal tersebut dikarenakan kelainan pada produksi melanin dan sel pigmen tubuh.

Merayakan Keberagaman, Matel Rilis Barbie Vitiligo hingga Tanpa KakiFoto: dok. Mattel



Selain vitiligo, Barbie juga memiliki boneka botak yang merepresentasikan kondisi alopecia. "Jika ada gadis yang mengalami kerontokan rambut karena alasan apapun, dia bisa merefleksikan lewat lini ini," pernyataan resmi Mattel.

Barbie juga merilis boneka yang memiliki satu kaki dengan kaki prostetik. Boneka ini dirilis tahun lalu yang bekerjasama dengan aktivis remaja bernama Jordan Reeves.


"Aku selalu berpikir bahwa boneka adalah cara terbaik untuk anak-anak untuk mempelajari tentang disabilitas," ujar Jordan, seperti dilansir dari Daily Star.

Tahun ini, Barbie pun terus mengkampanyekan keragaman dengan merilis sejumlah boneka-boneka berbagai kondisi lainnya. Yang terbaru ada boneka Ken yang memiliki rambut panjang hingga Barbie yang berada di kursi roda.



Simak Video "Barbie Disabilitas hingga Alien Imut, Ini Tren Mainan di Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)