Apa yang Terjadi Setelah Gelar Pangeran Harry dan Meghan Markle Dicopot?

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 19 Jan 2020 12:14 WIB
Pangeran Harry (Foto: Jeremy Selwyn - WPA Pool/Getty Images)
London - Pangeran Harry dan Meghan Markle harus menanggung konsekuensi atas keputusannya untuk menarik diri dari keluarga Kerajaan Inggris. Gelar kerajaan menjadi bayarannya. Lalu apa yang akan terjadi setelah itu?

Dalam pernyataan resminya, Sabtu (18/1/2020), Istana Buckingham memastikan Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak lagi menyandang gelar His dan Her Royal Highness (HRH).


Apa yang Terjadi Setelah Gelar Pangeran Harry dan Meghan Markle Dicopot? Meghan Markle, Pangeran Harry dan Ratu Elizabeth II. (Foto: John Stillwell - WPA Pool/Getty Images)

Kebijakan yang mulai berlaku pada musim semi 2020 tersebut diambil karena mereka dianggap tak lagi mengabdi untuk Ratu dan monarki setelah hengkang sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris.

Pangeran Harry dan Meghan Markle juga dikatakan harus mundur dari segala tugas Kerajaan, termasuk pula yang berkaitan dengan kemiliteran.

Kendati demikian, Pangeran Harry dan Meghan Markle, dengan restu Ratu, masih tetap bisa menjalin relasi dan membangun kerjasama dengan kegiatan sosial yang selama ini mereka naungi.


Apa yang Terjadi Setelah Gelar Pangeran Harry dan Meghan Markle Dicopot? (Foto: AP Photo/Matt Dunham)

Dalam pernyataan tersebut juga ditegaskan bahwa pasangan yang menikah pada 2018 lalu itu tidak boleh menerima uang sepeser pun dari pajak rakyat.

Meski tak punya gelar HRH, Pangeran Harry dan Meghan Markle masih boleh mempergunakan gelar Duke dan Duchess of Sussex. Kans Pangeran Harry untuk menjadi raja Inggris juga masih ada mengingat kebijakan tersebut tak akan mengganggu gugat statusnya sebagai pewaris keenam takhta Kerajaan Inggris.

Tentu saja, gelar Duke dan Duchess of Sussex bisa dimanfaatkan mereka untuk kepentingan komersial mengingat mereka menyatakan ingin hidup mandiri secara finansial.


Apa yang Terjadi Setelah Gelar Pangeran Harry dan Meghan Markle Dicopot? (Foto: AP Photo/Alastair Grant)

Tak lagi menerima uang rakyat, pasangan yang telah dikaruniai satu orang anak ini diberi kebebasan untuk memilih pekerjaan apapun demi menafkahi keluarga. Meski kabarnya, jumlah harta Harry dan Meghan Markle bila digabungkan bernilai total US$ 45 juta.

Belakangan muncul kabar bahwa Meghan akan berkolaborasi dengan rumah mode Givenchy. Di samping Givenchy, banyak label busana yang disebut-sebut telah menawari Meghan untuk menjalin kerja sama.

Sementara itu, untuk urusan keamanan masih dalam pembahasan Ratu. Pangeran Harry dan Meghan Markle ingin tinggal di antara dua negara Australia dan Kanada. Kanada sendiri masih enggan berkomentar soal biaya keamanan untuk mereka.

Simak Video "Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur dari Keluarga Kerajaan"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)