4 Pesan Istri Gubernur DKI Jakarta untuk Para Ibu di Hari Ibu

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 22 Des 2019 17:02 WIB
Foto: Instagram @mutiarabaswedan
Jakarta - Fery Farhati Ganis, istri dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan pesan mendalam untuk para ibu di Hari Ibu 2019. Fery mengatakan, ibu adalah penggerak di lingkungan keluarga dan apa yang dilakukan para ibu meskipun terlihat sederhana sebenarnya bisa berdampak luas.

"Menyiapkan makan, kemudian mempersiapkan anaknya berangkat ke sekolah, membuatkan sarapan dan lain-lain. Saya berharap ibu-ibu ini memperluas lagi dampaknya tidak hanya di lingkup keluarga. Tetapi menjauh dari permukaan yang lebih luas," ujar Fery.



Wanita yang mendapat gelar magisternya dalam bidang parenting education dari Northern Illinois University itu juga mengatakan bahwa ibu menjadi penentu keharmonisan sebuah keluarga.
4 Pesan Istri Gubernur DKI Jakarta untuk Para Ibu di Hari IbuFery Farhati Ganis bersama keluarga Foto: Lamhot Aritonang

"Jadi ada satu penelitian yang mengatakan bahwa kebahagiaan sebuah kota itu sangat ditentukan oleh keharmonisan keluarga. Dan tentunya penentu keharmonisan itu adalah sang ibu," kata Fery saat ditemui Wolipop saat acara puncak Ibu Ibukota Awards, di Senayan City Lantai 8, Jakarta Pusat (201/12/2019).

Fery sendiri adalah ibu dari empat orang anak. Sebagai seorang ibu, di tengah kesibukannya menjalani tugas sebagai istri Gubernur DKI Jakarta, wanita 50 tahun itu mengutamakan aktivitas untuk mengurus anak-anaknya. Fery pun mengungkapkan caranya dalam menerapkan pendidikan untuk ke empat buah hatinya di rumah.

"Di rumah tentunya saya membuat banyak tradisi-tradisi di rumah, seperti menghormati orangtua, kebiasaan makan bersama dan itu harapannya anak-anak biaa tahu bagaimana menempatkan diri di lingkungan yang lebih luas. Kalau dia terbiasa untuk menghargai orangtuanya di rumah, insya Allah dia bisa menghormati orang lain di luar. Jadi lebih banyak sebagai model untuk contoh," ucap Fery.

Luluswn psikologi dari Universitaa Gadjah Mada itu pun memberikan pesan bagi para ibu di Indonesia. Menurut Fery ada empat nilai yang harus selalu ada dalam keluarga:

1. Cinta
Keluarga itu harus penuh dengan cinta. Orangtua itu harus mau belajar untuk bisa menjadi orangtua yang baik.

2. Visioner
Seorang ibu harus tahu bahwa apa yang mereka kerjakan dan terapkan saat ini akan berdampak pada anak di masa yang akan datang. "Jadi selalu mempertimbangkan anak sebagai ujung dari tindakan kita," kata Fery.

4 Pesan Istri Gubernur DKI Jakarta untuk Para Ibu di Hari IbuFoto: Lamhot Aritonang


3. Religius
Menurut Fery penting untuk memiliki rutinitas kegiatan keagamaan di rumah. Bukan berarti harus dengan terus-terusan mengundang ustaz. Melainkan konsisten melakukan kegiataan keagamaan bersama, seperti mengaji atau salat berjamaah. "Dan itu yang membawa kita menyadari bahwa ada yang lebih besar dari kita yang mencintai anak kita, bahwa Allah mencintai dia," ujarnya.

4. Kehadiran
Kemudian yang terakhir menurut Fery adalah kehadiran. Orangtua harus hadir di kehidupan anaknya sesibuk apapun.

"Contohnya mas Anies bisa dihitung waktu untuk bisa bertemu fisik dengan anak-anak, sangat sedikit. Tetapi beliau bersedia kapan saja untuk anaknya. Dan saya berusaha menghadirkan sosok ayah di hadapan anak-anak ketika ayahnya tidak ada. Jadi kehadiran itu penting untuk anak-anak untuk bisa tumbuh dengan baik," tutup Fery.

Fery Farhati yang telah menikah dengan Anies Baswedan sejak 11 Mei 1966 ini memberikan pesan bagi ibu yang berperan sebagai tumah tangga dan menjadi wanita karier.

"Jadilah penggerak dan perempuan yang berdaya tetapi juga memberdayakan. Artinya dia bisa melakukan sesuatu dengan dirinya dan keluarganya. Tetapi juga bisa memperdayakan lingkungannya," pungkas Fery.




Simak Video "Kisah di Balik Perayaan Hari Ibu Dunia "
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)