Pertama Kalinya, Pemenang Kontes Kecantikan di AS Didominasi Kulit Hitam

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 11 Des 2019 14:02 WIB
Foto: dok. Getty Images Foto: dok. Getty Images
Jakarta - Kontes kecantikan kerap mendapatkan stigma miring di masyarakat. Para pemenangnya biasanya datang dari mereka berkulit putih. Dari situ, standar kecantikan semakin terbentuk. Namun, seiring berjalannya tahun kontes kecantikan mulai mengalami perubahan. Hal tersebut terlihat pada kontes kecantikan di Amerika Serikat.

Kini, untuk pertama kalinya gelar untuk Miss America, Miss USA, Miss Teen USA, dan Miss Universe dikuasi oleh wanita kulit hitam. Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan yang menjadi Miss Universe 2019 bergabung bersama pemenang kontes kecantikan kulit hitam lainnya, yakni Miss America Nia Franklin, Miss USA Cheslie Kryst, dan Miss Teen USA Kaliegh Garris.



Pertama Kalinya, Pemenang Kontes Kecantikan di AS Didominasi Kulit HitamMiss Universe 2019 Zozibini Tunzi Foto: Paras Griffin/Getty Images


"Aku besar di dunia dimana wanita sepertiku, dengan jenis kulit dan jenis rambut seperti ini, tidak pernah dianggap cantik. Aku pikir ini waktunya untuk menghentikannya," ucap Zozibini Tunzi yang baru terpilih menjadi Miss Universe 2019, Minggu (8/12/2019), kepada BBC.

Miss America Nia Franklin pernah mengatakan bahwa sebagai orang kulit hitam kini tidak perlu menjadi minder. Tidak dipungkiri ras masih sangat dianggap penting di Amerika Serikat.

Miss America Nia FranklinMiss America Nia Franklin Foto: dok. Getty Images


"Sangat penting untuk adik-adik kulit hitam untuk mencari tiga wanita Afrika-Amerika dengan figur yang kuat yang telah melakukan yang terbaik," ucap Nia.

Dalam perjalanan kontes kecantikan, beberapa kali mendapuk wanita berkulit gelap menjadi pemenang ratu kecantikan. Vanessa Williams merupakan wanita kulit hitam pertama di Miss America yang menang pada 1984, Carole Gist memenangkan Miss USA di 1990, Janel Bishop menang Miss Teen USA di 1991; Janelle Commissiong terpilih Miss Universe 1977.

Meski banyak orang yang sangat mengapresiasi kontes kecantikan yang dinilai semakin inklusif dan beragam, namun sejumlah ucapan selamat untuk Miss Universe 2019 itu sempat dinilai bernada rasis.

Netizen langsung memberikan reaksinya atas kemenangan Zozibini Tunzi. Banyak di antara mereka yang memberikan ucapan selamat dengan memakai 'Wakanda Forever'. Wakanda adalah negeri fiktif di film superhero Marvel berkulit hitam, 'Black Panther'.



Di sisi lain, pemakaian kata Wakanda menimbulkan kontra tersendiri. Ada yang menggangap ucapan tersebut dinilai rasialis dan justru tidak menganggap keberadaan Afrika Selatan.

"Wakanda is not real place!! It's extremely problematic that people would rather congratulate or acknowledge wakanda and not South Africa," tulis @heyyItsJessii.

"It's SOUTH AFRICA!!! South Africa did that!!! Not some made up country," tulis lainnya.

Simak Video "Dari Teko Hingga Srikandi, Kostum Miss Universe 2019 Curi Atensi"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)