Kejadian Langka, Wanita di China Melahirkan Bayi di Usia 67 Tahun

Hestianingsih - wolipop Kamis, 31 Okt 2019 15:06 WIB
Ilustrasi wanita hamil. Foto: iStock Ilustrasi wanita hamil. Foto: iStock

Zaozhang - Hamil dan melahirkan di usia tak lagi muda memiliki risiko bahaya yang tinggi bagi ibu maupun bayi. Peristiwa langka pun terjadi di China, berkaitan dengan kelahiran saat ibu sudah berusia paruh baya.

Seorang wanita asal Shandong, jadi ibu tertua di China yang melahirkan bayinya dengan selamat. Wanita yang hanya diketahui bernama Tian ini melahirkan di usia 67 tahun.

Tian bersalin di Rumah Sakit Ibu dan Anak Zaozhang pada 25 Oktober 2019 lalu. Persalinannya dibantu oleh dua dokter bernama Wang Xietong dan Liu Chengwe.

Lahir saat usia ibu yang cukup riskan, sang bayi disebut sebagai sebuah keajaiban. Huang yang merupakan suami Tian pun memberi nama anaknya Tianci.


Seperti dikutip dari South China Morning Post, Tianci mengandung arti 'pemberian Tuhan'. Huang mengatakan bahwa kehamilan tersebut tidak direncanakan dan ia menganggap bayi berjenis kelamin perempuan itu 'dikirim dari surga'.

Jinan Times melaporkan bahwa persalinan yang dijalani Tian kali ini sangat melelahkan dan membuat stres. Untungnya fisik Tian dalam kondisi sehat untuk melahirkan.

[Gambas:Youtube]


"Sakit, sangat menyakitkan. Aku bahkan tidak bisa membuka mataku," kata mantan perawat ini.

Tian melahirkan lewat proses caesar untuk memastikan keselamatan ibu juga bayinya. Sebab Tian kala itu mengalami tekanan darah tinggi sehingga tidak memungkinan untuk melahirkan normal.


Huang dan Tian sebelumnya telah memiliki satu putra dan satu putri. Mereka juga sudah punya cucu berusia 18 tahun. Saat tahu Tian hamil anak ketiga, anak-anak mereka sempat keberatan karena khawatir akan keselamatan sang ibu.

Namun akhirnya Tianci lahir selamat dengan berat 2,6 kg. Mempunyai bayi di usia jelang 70 tahun, Tian dan Huang menyatakan mampu merawat sang buah hati dengan benar.

"Kami bertekad untuk hidup sampai usia 110 tahun," pungkas Huang.

Simak Video "Ini Nama Anak Pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)