Kontroversi Nadia Purwoko Absen di Miss Grand Indonesia, Ini Penjelasannya

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 30 Agu 2019 15:55 WIB
Nadia Purwoko, pemenang Miss Grand Indonesia 2019 (Foto: Instagram/@officialmissgrandindonesia)
Jakarta -

Malam penobatan Miss Grand Indonesia 2019 di Balai Sarbini, Jakarta, Kamis (29/8/2019), berlangsung tanpa kehadiran pemenang tahun lalu, Nadia Purwoko. Tak seperti kontes kecantikan biasanya, pemenang terdahulu dari ajang ini tak muncul untuk 'mewariskan' mahkotanya kepada sang penerus di panggung. Ada apa gerangan?

Di Miss Grand Indonesia 2019, mahkota juara I diberikan langsung oleh pemenang Miss Grand International 2018, Maria Clara Sosa Perdomo dari Paraguay. Tahun ini, gelar Miss Grand Indonesia jatuh ke tangan perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT), Sarlin Jones.

Kontroversi Nadia Purwoko Absen di Miss Grand Indonesia, Ini PenjelasannyaNadia Purwoko, pemenang Miss Grand Indonesia 2019 (Foto: Instagram/@officialmissgrandindonesia)

Absen di Miss Grand Indonesia 2019, Nadia Purwoko mengungkapkan alasannya dalam sebuah video di akun YouTube pribadinya. Video tersebut diunggah pada Rabu (28/8/2019) atau sehari sebelum penyelenggaraan kontes yang dihelat oleh Yayasan Dharma Gantari ini.

"Poin pertama yang saya ingin klarifikasi adalah saya tidak pernah dilibatkan dalam hal apapun sehubungan dengan perhelatan Miss Grand Indonesia 2019," kata Nadia Purwoko. Ia juga mengaku, tidak ada pula informasi apapun seputar Miss Grand Indonesia 2019 yang didapatnya dari pihak penyelenggara.

Pemenang Miss Grand Indonesia 2018 yang mewakili Provinsi Bengkulu itu lalu menjelaskan bahwa dirinya sudah berulang kali menghubungi langsung National Director Miss Grand International Indonesia, Dikna Faradiba, untuk menanyakan informasi terkait acara tahun ini. Namun, hasilnya nihil. "Sejak Juli 2019, feedback yang saya dapat dari beliau adalah nol," tambah Nadia.

Kontroversi Nadia Purwoko Absen di Miss Grand Indonesia, Ini PenjelasannyaNadia Purwoko saat mengikuti ajang Miss Grand International 2018 di Myanmar. (Foto: Instagram)

Bukan hanya dirinya, Nadia juga menyebut pihak Miss Grand International ternyata kesusahan pula mendapat informasi tentang penyelenggaraan Miss Grand Indonesia 2019. "Saya sempat beberapa kali ditanya pihak Miss Grand International. Kayak, 'Nadia kapan ini karantina, kapan acara ini mulai'," katanya menirukan perkataan perwakilan Miss Grand International yang menghubunginya.

Meski putus kontak, Nadia mengaku menerima undangan untuk menghadiri malam final Miss Grand Indonesia 2019 sebagai tamu VIP. Namun, undangan tersebut dikirim ke email bisnis Nadia dan baru didapatnya kurang dari seminggu sebelum acara.

Hal yang membuat Nadia terheran adalah ia diundang bukan untuk momen 'crowning' atau pemberian mahkota kepada penerusnya. "Tidak ada detail crowning (di undangan)," tambahnya.

Kekecewaan Nadia tak berhenti di situ. Dari informasi yang didapatnya, masih ada kelas tertinggi di atas undangan VIP, yakni VVIP. Menurut Nadia, ia sebagai pemenang pertama Miss Grand Indonesia 2018 seharusnya mendapat undangan dengan prioritas pertama. "Saya diprioritaskan sebagai nomor dua," kata Nadia yang sempat mengharumkan nama Indonesia di Miss Grand International 2018 sebagai juara III.

[Gambas:Instagram]

"Sejujurnya saya sangat menyayangkan hal ini, karena saya benar-benar secara tulus men-support Miss Grand Indonesia dan Grand International. Segala iktikad baik sudah saya lakukan, semua bentuk komunikasi kepada pihak panitia juga sudah, khususnya National Director, tapi tidak ada feedback dari mereka sama sekali," jelas Nadia.

Terkait undangan tersebut, Nadia mengaku sudah mengirim tanggapan melalui surat elektronik. Namun, lagi-lagi upayanya tak berbalas.

Beberapa bulan lalu, Nadia sempat menjadi sorotan lantaran pengakuannya soal hadiah Miss Grand Indonesia 2018 yang belum dia terima. Sampai saat ini, menurut Nadia, urusan hadiah tersebut juga masih menggantung. Wolipop juga sudah menghubungi Dikna Faradiba terkait masalah tersebut, tapi tak direspons.



Simak Video "Ivan Gunawan Siap Didik Wanita Indonesia Ikuti 'Miss Grand International'"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)