Bos Louis Vuitton Sumbang Rp 150 M Untuk Rehabilitasi Hutan Amazon

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 29 Agu 2019 08:08 WIB
Bernard Arnault (ketiga dari kanan) saat menyaksikan fashion show Louis Vuitton. (Foto: Getty Images) Bernard Arnault (ketiga dari kanan) saat menyaksikan fashion show Louis Vuitton. (Foto: Getty Images)

Paris - Sempat terabaikan, bencana kebakaran hutan Amazon di Brasil akhirnya mulai mendapat atensi. Sumbangan mulai berdatangan, salah satunya dari miliarder Prancis sekaligus bos LVMH Bernard Arnault. Nilai donasinya mencapai US$ 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar.

Forbes mengabarkan, sumbangan tersebut merupakan bagian dari upaya kolektif dari negara-negara anggota G7 untuk melindungi hutan yang kerap dijuluki paru-paru dunia itu. Dana yang bernilai total US$ 22 juta itu akan disalurkan untuk mengatasi kebakaran besar tersebut dan merehabilitasinya.


Kebakaran yang melanda hutan di Amazon, Brasil. Kebakaran yang melanda hutan di Amazon, Brasil. (Foto: Getty Images)

"Melindungi lingkungan bukan sebatas hanya kata-kata atau prinsip tertulis, hal ini juga membutuhkan aksi kolektif yang nyata ketika bahaya semakin mengancam untuk mendukung sumber daya kepada para spesialis lokal dan bekerja sama demi menyelamatkan planet kita," ujar Yann Arthus-Bertrand, salah seorang direktur di LVMH, dalam pernyataan resminya. LVMH menaungi sejumlah high-end brand ternama seperti Louis Vuitton, Dior dan Berluti.

Kebakaran yang melanda hutan Amazon sangat memprihatinkan. Data satelit yang dirilis baru-baru ini menunjukkan area hutan seluas lapangan sepakbola raib dilahap si jago merah setiap lima menitnya. Adapun luas hutan Amazon saat ini diestimasi mencapai 5,5 juta kilometer persegi.

Belakangan, bantuan G7 tersebut ditolak mentah-mentah oleh Pemerintah Brasil. Tak ada alasan resmi, kecuali tuduhan Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang menilai negara-negara kaya memberlakukan Amazon seperti koloni.



Bos Louis Vuitton Rp 150 M untuk Hutan AmazonBernard Arnault bersama desainer Kim Jones dari Dior Hommes. (Foto: Getty Images)

Bahkan kepala staf Bolsonaro, Onyx Lorenzoni, mengatakan kepada situs berita Globo bahwa "mungkin bantuan ini lebih relevan untuk reboisasi Eropa".


Bagi Bernarld, memberikan sumbangan dalam jumlah besar bukan sesuatu asing. Pasca-kebakaran Notre Dame di Paris, Prancis, pria yang hartanya mencapai Rp 1.500 triliun itu juga menunjukkan jiwa dermawannya.


Ia berjanji memberikan 200 juta Euro atau setara Rp 3,1 triliun untuk upaya restorasi gereja bersejarah tersebut. Namun, Notre Dame Foundation yang bertanggung jawab menadahi sumbangan besar dari donatur mencatat Bernard baru memberikan 10 juta euro.

Simak Video "Rayakan Ulang Tahun ke-165, Louis Vuitton Gelar Pameran"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)