Cerita Inspiratif Mahasiswi UPI, Viral karena Pamer Foto Jerawatan di Medsos

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 08 Agu 2019 17:33 WIB
Foto: Instagram @nvnrsm Foto: Instagram @nvnrsm

Jakarta - Jerawat biasanya membuat wanita merasa tidak percaya diri. Sehingga banyak wanita memilih untuk menyamarkan jerawatnya dengan makeup ataupun berbagai filter saat mengunggah foto dirinya di media sosial. Tapi, mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini berani menampakkan jerawat wajahnya di Instagram.

Novia Nur Ismi memiliki kulit yang tidak sempurna dengan timbulnya beberapa jerawat kistik di wajahnya. Tanpa menutupi ketidak sempurnaanya itu, ia pun berbagi foto selfie dirinya di Instagram.

Sosoknya jadi viral setelah beberapa akun Twitter berbagi postingan inspiratif Novia soal jerawat. Banyak netizen yang kagum atas keberaniannya yang tampil percaya diri memperlihatkan wajah aslinya yang berjerawat tanpa diedit di media sosial.

Mahasiswi asal Cianjur, Jawa Barat ini mulai mengalami masalah jerawat sejak duduk di bangku SMA pada tahun 2013. Awalnya, Novia mengaku mengedit foto selfienya di Instagram dengan menghilangkan jerawatnya. Namun, penampilannya itu dikritik oleh teman-teman yang bertemu Novia secara langsung, dan menyebut dirinya berbeda dari foto di media sosial.

"Tahun 2017 udah mulai itu diedit jerawatnya sampai mukanya mulus banget, diblurrin dikit masih kurang berani posting foto jerawatan. Nah pas ketemu lihat teman secara langsung mereka bilang kok beda sama yang di Instagram. Sakit hati dibilang gitu ya sudah dari situ mulai posting foto asli aku yang jerawatan," kata Novia saat dihubungi Wolipop, Rabu (7/8/2019)



Novia kemudian banyak mendapat dukungan positif dari teman-temannya untuk berjuang melawan jerawat. Berbagai usaha telah dilakukan hijabers ini mulai dari pergi ke klinik kecantikan, menggunakan bahan herbal, skincare yang dijual di pasaran hingga minum antibiotik untuk mengatasi jerawat di kulit wajahnya. Namun, jerawat tersebut belum juga hilang.

"Jadi sekarang tujuannya aku posting foto jerawatan di Instagram itu juga ingin memberi semangat buat orang-orang yang mengalami hal sama kayak aku," tutur Novia.

Novia Nur IsmiNovia Nur Ismi Foto: Instagram @nvnrsm


Meskipun mendapat banyak komentar positif, selebgram dengan 36 ribu lebih pengikut di Instagram ini mengaku ada saja netizen yang mengkritik dirinya. Bahkan beberapa dari netizen menilai negatif bahwa jerawat yang timbul di wajah Novia karena perbuatannya yang buruk.

"Ada yang bilang 'ih jerawatnya banyak, kebanyakan makeup nih jadi jerawatnya banyak. Akibat jarang wudhu, jarang solat, kebanyakan maksiat sampai kayak gitu'. Biasanya aku bales kayak diajak bercanda yang bilang jerawat ini akibat kebanyakan maksiat, ya aku jawab aja iya ampun pak haji," jelasnya.

Permasalahan jerawat yang dialami oleh mahasiswi semester akhir jurusan Pendidikan Sosiologi ini rupanya pernah membuat dirinya terpuruk dan berada di titik terendah dalam hidup. Bahkan Novia sempat mengurung diri dan tak ingin keluar dari kamar gara-gara jerawat.

"Diem di kamar, nangis kenapa sih nggak sembuh-sembuh. Pernah ada di titik benar-benar down nyalahin keadaan dan benci sama diri sendiri. Tapi ada orang-orang terdekat yang support dan mendukung kalau sebenarnya aku nggak sendiri," terang Novia.

"Novia juga sadar masa aku harus berhenti gara-gara aku punya jerawat. Padahal banyak orang yang nggak bisa keluar rumah karena penyakit. Aku mulai nggak mikirin itu lagi dan sudah mulai ngebangun motivasi diri sendiri. Baca-baca acne story di blog dan Youtube, jadi termotivasi," imbuhnya.



Wanita berusia 22 tahun ini pun berharap agar siapapun yang memiliki masalah jerawat tetap semangat dan tak menghentikan mimpinya. "Ada yang curhat ingin kuliah terus karena jerawat nggak mau kuliah, wah sampai segitunya jerawat membawa dampak buruk. Nggak kayak gitu!," ujar Novia.

"Harapannya untuk wanita atau pria, siapapun yang mengalami nasib sama segera menemukan motivasi sendiri. Nggak patah semangat dan jangan pernah mematahkan apa yang kamu impikan," pungkasnya.

Simak Video "Hijabers, Perhatikan 4 Bahan Pakaian Olahraga Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/eny)