10 Fakta Kelam Kehidupan Idol, Diungkap Mantan Artis K-pop

Hestianingsih - wolipop Rabu, 03 Jul 2019 15:52 WIB
Way, mantan artis K-pop. Foto: Instagram Way, mantan artis K-pop. Foto: Instagram

Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi kalau para artis K-pop harus menjalani latihan keras sebelum akhirnya bisa debut, baik sebagai solo maupun grup vokal. Tapi yang belum banyak orang tahu, adalah bagaimana persisnya perjuangan berat dan usaha mereka menjalani masa latihan bertahun-tahun lama.

Way, mantan personel girlband Crayon Pop adalah sedikit dari selebriti yang berani bersuara mengungkap seperti apa masa-masa sulit yang harus dijalani seorang trainee. Wanita 28 tahun yang pensiun sebagai artis K-pop dan memilih jadi YouTuber membocorkan sejumlah fakta-fakta seputar dunia keartisan di Negeri Ginseng.

1. Kepada Asian Boss, Way mengatakan bahwa para trainee maupun artis K-pop baru diharuskan mengubah perilaku mereka. Mulai dari cara berjalan, makan hingga berbicara.


2. Diet diwajibkan bagi para calon dan artis K-pop. Mereka dilarang menyantap makanan yang disukai, terlebih lagi ngemil. "Aku harus diet. Tidak boleh makan camilan atau makan malam," ujarnya seperti dilansir Nextshark.
10 Fakta Kelam Kehidupan Idol, Diungkap Mantan Artis K-popGirlband Crayon Pop. Foto: Instagram

3. Seorang trainee harus latihan menari setiap hari. Selama dua bulan dia dan empat personel Crayon Pop lainnya yang debut pada 2012 harus menjalani latihan fisik yang keras. "Tiba-tiba saja aku harus latihan menari sepanjang hari. Kakiku sampai memar-memar atau kadang bengkak, itu tantangan yang paling sulit," ungkap wanita 28 tahun ini.

4. Menari sepanjang hari, setiap hari, ternyata belum cukup. Saat latihan menari, kedua kaki Way dan teman-temannya diberi beban berupa kantong pasir seberat 5 kg. Tujuannya agar hasil latihan lebih maksimal.

"Mereka bilang, 'Dengan begitu, ketika kalian melepas pemberatnya, kakimu akan terasa lebih ringan saat menari.' Jadi itu juga sangat sulit buatku," kata Way yang berada di bawah label Chrome Entertainment saat masih bersama Crayon Pop.


5. Beberapa minggu sebelum debut, para personel Crayon Pop harus sudah mulai latihan pukul 04.00 pagi dan kembali ke asrama lewat tengah malam. Artinya mereka sudah menari hampir 24 jam. Akibatnya mereka kurang tidur dan itu menjadi tantangan yang paling berat.

6. Selama menjadi trainee, bertemu orang luar adalah satu hal yang hampir mustahil terjadi. Label rekamannya sangat ketat dalam hal ini. Ia bahkan dilarang menemui ayahnya sendiri yang datang berkunjung di hari ulang tahunnya.
10 Fakta Kelam Kehidupan Idol, Diungkap Mantan Artis K-popGirlband Crayon Pop. Foto: Instagram

7. Setelah debut, bukan berarti seorang idol sudah keluar dari masa-masa sulit. Mereka masih harus mengganti biaya yang sudah dikeluarkan manajemen saat mereka masih menjadi trainee.

"Biasanya perusahaan mengambil 60-70 persen keuntungan, sementara penyanyi hanya 30-40 persen. Tapi biaya pengeluarannya dibagi 50-50," ucap Way.

8. Meskipun populer, lagunya banyak dibeli orang dan sering muncul di berbagai acara, Way menyatakan penghasilannya tak pernah stabil. Ada kalanya mereka memiliki banyak uang, namun ada saat-saat di mana dia tak punya uang, bahkan terlilit utang.


10 Fakta Kelam Kehidupan Idol, Diungkap Mantan Artis K-popFoto: Instagram

9. "Pertama kali kami dibayar, masing-masing mendapatkan gaji Rp 173 jutaan untuk tiga bulan kerja. Kami baru dibayar segitu 1,5 tahun setelah debut. Sampai saat itu kamu tidak dibayar sepeser pun," cerita Way.

10. Kini Way lebih banyak eksis sebagai YouTuber di channel Wayland, yang memiliki 89 ribu subscriber.

Simak Video "Berangkat ke Jakarta, Begini Fashion Airport Member BLACKPINK"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)