Cerita Wanita Jadi Juara Ratu Kecantikan dengan Pendengaran Hampir Tuli

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 14 Mei 2019 16:37 WIB
Foto: dok. Instagram @_lisha_pie Foto: dok. Instagram @_lisha_pie

Jakarta - Alisha Cowie, wanita yang mendapatkan gelar Miss England 2018 tampak normal. Dia berbicara secara lancar, namun ketika ada orang yang bertanya, pertanyaan tersebut harus diulang dua sampai tiga kali. Ternyata, Alisha berjuang dengan masalah pendengarannya.

Wanita cantik ini berjuang dengan pendengarannya selama empat tahun terakhir. Alisha tidak sepenuhnya tuli, namun dia tidak bisa mendengar secara jelas ketika orang berbicara, dan sebelum kompetisi Miss England 2018, masalah di gendang telinganya semakin parah.


"Aku baik-baik saja jika ngobrol dengan satu orang di ruangan tertutup, tapi aku kesulitan jika aku berbicara dengan dua orang atau lebih. Saat aku di ruangan yang penuh, semua yang aku dengan hanya keberisikan dan aku tidak bisa dengar siapa yang berbicara," ungkap Alisha, seperti dikutip dari Mirror.

Cerita Wanita Jadi Juara Ratu Kecantikan dengan Pendengaran Hampir TuliFoto: dok. Instagram @_lisha_pie


Alisha pun mengaku bahwa dia akan tuli jika di cuaca berangin dan tidak bisa menikmati konser rock atau apapun yang sangat kencang. "Itu sangat menyebalkan dan memalukan karena aku harus terus bertanya kepada orang lain untuk mengulangi ucapan mereka," ucap Alisha.

Wanita asal Newcastle itu mengaku bahwa dia merasa pendengarannya menurun di 2014. Dia hanya bisa mendengar hanya dengan satu telinga. Alisha pun mencoba cek ke dokter umum, namun dikatakan bahwa pendengarannya baik-baik saja.

Sampai akhirnya pada Agustus 2018 silam, Alisha mengunjungi toko obat untuk mencoba tes pendengaran. Hasilnya menyatakan bahwa ia memiliki masalah di kedua telinganya. Alisha diberitahu bahwa keadaan ini bisa tetap seperti itu, atau pendengarannya bahkan bisa semakin memburuk.

Wanita yang kuliah di Teesside University jurusan investigasi kriminal itu merasa hancur dengan kabar tersebut. Ia pun hampir tidak jadi ikut kontes ratu kecantikan Miss England. Tapi dia tidak putus asa begitu saja

Alisha kemudian belajar bahasa isyarat sebagai persiapannya jika dia tidak bisa mendengar di atas panggung penjurian. "Jika sesuatu yang buruk terjadi, aku punya pilihan lain dan ini bukan sebagai akhir dunia. Aku akan jujur dan menggunakan bahasa isyarat," ungkapnya.



Ia tak menyangka bisa terpilih menjadi juara kontes kecantikan tersebut. Padahal, ia sempat tidak yakin karena dia meminta juri untuk mengulang pertanyaan untuknya.

Kini Alisha menggunakan alat bantu pendengaran tersembunyi. Dia memakainya setiap saat. Alisha merasa dengan alat bantu pendengaran tersebut, kehidupannya bisa lebih hidup lagi.

"Aku tidak malu. Orang-orang tahu aku menggunakannya. Aku mungkin harus menggunakan alat pendengaran selama hidupku, tapi aku baik-baik saja," pungkas bermata abu-abu tersebut.

(kik/kik)