Pertama Kali Transgender Kulit Hitam Menang Miss International Queen 2019

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 13 Mar 2019 16:50 WIB
Jazell Barbie Royale. Foto: Instagram @missinternationalqueen Jazell Barbie Royale. Foto: Instagram @missinternationalqueen

Jakarta - Di tengah perdebatan pro dan kontra transgender, Thailand jadi salah satu negara yang mendukung transgender dan mengadakan Miss Intenational Queen. Ajang kontes kecantikan untuk transgender itu pun baru saja dihelat pada Jumat (8/3/2019). Lalu, siapakah pemenangnya?

Kontestan Amerika Jazell Barbie Royale dinobatkan sebagai Miss International Queen 2019 di kontes kecantikan untuk wanita transgender. Ia menjadi wanita transgender kulit hitam pertama yang memenangkan kompetisi yang digelar sejak tahun 2004.

Pada kemenangan yang diumumkan di Pattaya, Thailand, Royale terlihat sangat bahagia dan meneteskan air mata. Sementara itu, perwakilan Thailand, Kanwara Kaewjin menjadi runner-up, dan Yaya dari China berada posisi ketiga juara Miss International Queen 2019.

Jazell Barbie RoyaleJazell Barbie Royale Foto: Instagram @missinternationalqueen


Aktivis HIV ini berhasil menyisihkan 19 kandidat lain dari negara lain termasuk Brasil, Peru dan beberapa negara Asia. Termasuk Indonesia yang diwakili oleh Indah Cheryl turut berkompetisi di ajang Miss International Queen 2019.



Royale pun berharap kemenangannya mengilhami orang-orang kulit berwarna lain di seluruh dunia. Berasal dari Florida, wanita transgender 31 tahun ini mengungkapkan dirinya ingin menggunakan platform yang baru ditemukannya untuk mengedukasi orang lain tentang pentingnya tes HIV, seks aman, dan perawatan medis.

"Ada banyak yang hidup dengan HIV tetapi tidak pergi untuk mendapatkan pengobatan," katanya seperti dikutip dari South China Morning Post.

Jazell Barbie RoyaleJazell Barbie Royale Foto: Instagram @missinternationalqueen


Tema untuk kontes tahun ini adalah kesetaraan dunia. Wanita transgender di ajang kontes kecantikan sendiri pun bukanlah hal yang baru. Pada ajang pemilihan ratu kecantikan dunia Miss Universe 2018, Miss Spanyol Angela Ponce menjadi pemberitaan karena merupakan kontestan pertama dan satu-satunya transgender yang ikut berkompetisi.



Nguyen Huong Giang, wanita transgender pemenang Miss International Queen 2018Nguyen Huong Giang, wanita transgender pemenang Miss International Queen 2018 Foto: Instagram @huoggiangggg


Negara tuan rumah tempat kompetisi ini berlangsung, Thailand memiliki populasi transgender yang besar dan merupakan salah satu tujuan utama dunia untuk operasi penggantian jenis kelamin. Kontes Miss International Queen telah dielu-elukan karena menawarkan kesempatan kepada para kontestan untuk terikat dengan yang lain dari seluruh dunia.

Sikap Thailand yang relatif terbuka terhadap isu LGBT juga menawarkan perlindungan bagi kontestan yang berasal dari negara-negara yang kurang toleran. Meskipun begitu, pernikahan sesama jenis masih belum diakui secara hukum di Negeri Gajah Putih.
(agm/eny)