Suka Pakai Heels Saat Hamil, Meghan Markle Bahayakan Diri dan Bayi

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 18 Jan 2019 19:31 WIB
Meghan Markle kerap pakai heels meski tengah hamil. (Foto: Getty Images) Meghan Markle kerap pakai heels meski tengah hamil. (Foto: Getty Images)

London - Meghan Markle sibuk menghadiri berbagai acara beberapa hari terakhir. Untuk memaksimalkan gayanya, Meghan yang sedang hamil enam bulan mengandalkan high heels. Padahal, itu bisa membahayakan Meghan dan calon bayinya.

Menyambangi penangkaran hewan Mayhew di London, Inggris, Rabu (16/1/2019), Meghan muncul dalam balutan busana serba krem yang dipadu dengan heels model sling-back berwarna senada dari Paul Andrew. Sepatu dari seri Coquette itu diketahui memiliki tinggi 10 cm.


Meghan Markle memakai heels Paul Andrew di Meyhew, London, baru-baru ini.Meghan Markle memakai heels Paul Andrew di Meyhew, London, baru-baru ini. (Foto: Dok. Getty Images)

Malamnya, Meghan bersama Pangeran Harry menyaksikan pentas Cirqu du Soleil di Royal Albert Hall. Heels lagi-lagi menjadi andalan sang Duchess of Sussex. Kali ini giliran sandal heels minimalis rancangan Stuart Weitzman setinggi 10 cm.

Mengomentari gaya Meghan, dokter Sarah Jarvis mengatakan heels sangat tidak disarankan bagi perempuan hamil. Alasannya, pemakaian heels bisa mengganggu persiapan tubuh jelang persalinan sehingga berisiko membahayakan janin dan ibu.

"Salah satu area yang paling terdampak adalah bagian punggung. Area ini sangat ringkih karena pusat gravitasi berubah karena berat bayi di depan," kata Sarah seperti dikutip The Sun.


Meghan Markle di Royal Albert Hall. Meghan Markle di Royal Albert Hall. (Foto: Dok. Getty Images)
Ibu yang memakai heels saat perut sudah membesar, lanjut Sarah, akan lebih berpotensi mencederai punggungnya dan gampang terjatuh. "Yang ingin saya tanyakan, apakah sepadan membahayakan diri dan bayi Anda hanya demi penampilan?" ucap Sarah.

Dr Sita Ayu Arumi SpOG dari RS Bunda Jakarta sepakat, perempuan hamil sebaiknya menghindari high heels karena bisa membuat tulang dekat jari kaki tertekan dan terasa sakit. Sejak awal kehamilan hindarilah penggunaan sepatu hak tinggi.

"Kalau mau pakai yang haknya di bawah tujuh cm. Tapi lebih baik pilih alas kaki yang longgar, nyaman, dan berhak pendek atau flat. Kalau sepatunya terlalu pas, kaki akan terasa sakit apalagi jika bagian depan sepatu tertutup bisa menimbulkan tekanan lebih pada jari kaki," terang dr Sita. (dtg/dtg)