Tolak Bantuan dari Orang Asing, Pasangan Difabel Asal China Bikin Kagum

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 15 Des 2018 12:14 WIB
Pasangan difabel Liu Hai dan Li Meiwen. Foto: dok. SCMP Pasangan difabel Liu Hai dan Li Meiwen. Foto: dok. SCMP

Jakarta - Pasangan asal China ini jadi viral karena menjalani hidup berdampingan dengan bahagia meski memiliki keterbatasan fisik. Foto mereka yang menjalani kehidupan sehari-hari di pertanian ini mendapatkan pujian dan kekaguman pengguna media sosial.

Liu Hai dan Li Meiwen tinggal di sebuah pedesaan di bagian China Utara. Liu, seorang pria tanpa lengan menikahi Li, seorang wanita tanpa kaki 11 tahun yang lalu dan telah memiliki seorang putri. Baik Liu dan Li keduanya menolak sumbangan atau bantuan dari orang asing.

Seperti di lansir dari South China Morning Post, Liu dan Li tak ingin orang lain mengasihani keterbatasan yang dimilikinya. Mereka pun berharap bisa mengajarkan kemandirian pada putri mereka.



"Kami mendapat cukup uang dari pertanian untuk kami bertiga. Kami tidak ingin mengambil keuntungan dari kebaikan orang lain," kata Liu.
Tolak Bantuan dari Orang Asing, Pasangan Difabel Asal China Bikin KagumLiu Hai dan Li Meiwen berfoto bersama putri mereka. Foto: dok. SCMP

Liu merupakan seorang veteran tentara dan kehilangan kedua lengannya dalam kecelakaan di tempat kerja 21 tahun yang lalu. Sementara itu, sang istri kehilangan kedua kakinya saat dirinya berusia 13 tahun dan mengalami kecelakaan. Liu kemudian ingin mengenal Li lebih dekat dan mencarinya setelah Li tampil dalam program televisi pada 2007.


"Dua dari kami bersama-sama memiliki kedua lengan dan kaki, dan kami akan dapat hidup bahagia bersama-sama," imbuh Liu.

Setelah foto kehidupan keluarga Liu tersebar di internet, banyak netizen yang salut. Tak sedikit dari netizen juga mengatakan bahwa putri Liu terlihat sangat bahagia dalam foto-foto yang muncul di akun WeChat.

"Bahkan aku merasa senang setelah melihat foto-foto ini," puji netizen. (agm/hst)