Intip 'Pabrik' Wanita Cantik di Negara Krisis Venezuela, Isinya Bikin Miris

Eny Kartikawati - wolipop Jumat, 07 Sep 2018 19:17 WIB
Miss Venezuela 2017 Keysi Sayago mengikuti ajang Miss Universe. Foto: Dok. Getty Images Miss Venezuela 2017 Keysi Sayago mengikuti ajang Miss Universe. Foto: Dok. Getty Images

Jakarta - Venezuela dikenal sebagai negara paling sering memenangkan kontes kecantikan. Seperti apa isi 'pabrik' penghasil para finalis kontes kecantikan ini?

Miss Venezuela menjadi kontes kecantikan paling dinantikan oleh wanita di negara yang tengah tertimpa krisis ekonomi ini. Setiap ditayangkan di televisi grandfinal Miss Venezuela ditonton lebih dari 1/3 penduduk Venezuela yang jumlahnya mencapai 31 juta.

Obsesi penduduk Venezuela pada kontes kecantikan terlihat dari menjamurnya 'pabrik' yang mendidik para wanita untuk mengikuti ajang tersebut. Seperti dilaporkan Mail Online, ada ratusan akademi kecantikan tersebar di Venezuela.

Salah satu 'pabrik' yang menghasilkan calon finalis kontes kecantikan ini adalah Belankazar. Sekolah tersebut terletak di kawasan Caracas di mana di sepanjang jalannya banyak ditemukan klinik operasi plastik. Akademi Belankazar memiliki 600 siswi dari berbagai rentang usia. Salah satu temuan yang mengejutkan adalah ada anak-anak berusia lima tahun yang sudah dimasukkan orangtua mereka ke sekolah tersebut.

Baca Juga: Wanita Ini Menang Miss Silicone, Kontes Kecantikan Payudara Palsu

Direktur Belankazar Alexander Velasquez mengungkapkan sederet fakta miris mengenai siswi-siswi di sekolahnya. Dia menyebutkan sebagian besar dari siswinya datang dari keluarga menengah dan menengah ke bawah, yang pendapatan minimum orangtuanya sekitar US$ 50 sebulan. Dan untuk menempuh pendidikan di sekolahnya biayanya US$ 10 per bulan. Namun biaya tersebut belum termasuk pengeluaran untuk fashion show, membeli baju dan makeup. Setiap bulannya orangtua harus menyiapkan setidaknya US$ 25 atau setengah dari pendapatan mereka demi anak-anak mereka masuk akademi khusus kontes kecantikan ini.

"Mereka melihat anak-anak mereka bisa menjadi kesempatan mereka untuk memiliki hidup yang lebih baik. Dengan menang Miss Venezuela, adalah cara untuk seorang anak miskin menjadi punya uang, popularitas dan menjadi selebriti," ujar Velasquez.

Miss Venezuela 2014.Miss Venezuela 2014. Foto: Dok. Reuters, Miss Venezuela


Pengorbanan demi menjadi wanita tercantik di Venezuela bukan hanya dilakukan para orangtua saja. Para gadis yang disekolahkan orangtuanya di akademi khusus kontes kecantikan ini pun rela melakukan hal-hal ekstrem demi mewujudkan cita-cita orangtua mereka.

Baca Juga: Transformasi Mengagumkan Finalis Kontes Kecantikan yang Dulu Berbobot 90 Kg

Velasquez mengatakan rata-rata gadis remaja yang menjadi siswi di sekolahnya melakukan operasi payudara di usia 16. "Untuk menjadi seorang ratu kecantikan, payudara tidak boleh terlalu besar atau terlalu rata. Jadi operasi yang dilakukan hanya untuk mengubah sedikit ukuran payudara mereka," jelasnya.

finalis Miss Venezuela 2017.finalis Miss Venezuela 2017. Foto: Dok. Reuters, Miss Venezuela


Bruno Caldieron, yang memiliki tujuh franchise kontes kecantikan di Venezuela mengungkapkan hal serupa. Salah satu hal 'gila' yang dilakukan para wanita di Venezuela demi memenangkan kontes kecantikan adalah membungkus tubuh mereka dengan plastik agar memiliki pinggang yang ramping.

"Jika perut para wanita ini tidak benar-benar rata sempurna, mereka harus melakukan sedot lemak. Dan jika hidung mereka terlalu rata, mereka harus melakukan operasi hidung," ujar Caldieron.

Yang dilakukan kontestan Miss Venezuela Wi May Nava demi bisa memenangkan kontes kecantikan bisa jadi yang paling esktrem. Seperti dikutip BBC, Wi May Nava rela melakukan Tongue Patch Diet, di mana selembar plastik khsusu dijahit ke lidahnya sehingga dia merasa tidak nyaman untuk makan dan hanya sanggup mengonsumsi makanan cair. Tujuannya melakukan ini tidak lain demi menurunkan berat badan.


(eny/eny)