Inspiratif! Wanita Indonesia Ini Buat Gerakan Lipstik untuk Difabel

Anggi Mayasari - wolipop Senin, 30 Jul 2018 15:09 WIB
Foto: Instagram @heylaninka
Jakarta - Setiap wanita berhak untuk merasakan cantik, tak terkecuali dengan penyandang disabilitas. Hal tersebut pun membuat hijabers Laninka Siamiyono membentuk sebuah gerakan 'Lipstick untuk Difabel', yang diharapkan dapat membangun kepercayaan diri bagi kaum disabilitas dengan makeup.

Laninka membuktikan bahwa keterbatasan fisik tak membuat seseorang berhenti berkarya. Beauty vlogger ini sempat kehilangan kepercayaan diri selama hampir 10 tahun, karena menderita Rheumatoid Arthritis, penyakit auto imun yang menyebabkan peradangan sendi. Meskipun sempat terpuruk dan harus menggunakan kursi roda, ia kini merasa lebih mencintai dirinya sendiri karena makeup.

Inspiratif! Wanita Indonesia Ini Buat Gerakan Lipstik untuk DifabelLaninka Siamiyono gagas gerakan lipstik untuk difabel untuk bantu kaum disabilitas percaya diri dengan makeup. Foto: Instagram @heylaninka


"Awalnya makeup itu terutama lipstik membantu aku menemukan jati diriku lagi, karena kemarin saat menjadi difabel aku kehilangan rasa percaya diri. Aku malu sama diri sendiri, aku nggak mau ketemu orang, aku nggak mau ketemu teman-teman di luar, aku hanya di rumah saja, kerjanya cuma tidur, nonton tv. Tapi makeup benar-benar mengubah mood, bukan hanya mood tapi juga mengubah hidup," tutur Laninka saat dihubungi Wolipop, Senin (30/7/2018).

Baca Juga : Tommy Hilfiger Rilis Koleksi Busana Khusus Penyandang Disabilitas

Inspiratif! Wanita Indonesia Ini Buat Gerakan Lipstik untuk DifabelLaninka Siamiyono gagas gerakan lipstik untuk difabel untuk bantu kaum disabilitas percaya diri dengan makeup Foto: Instagram @heylaninka


Hijabers berusia 27 tahun ini meyakini bahwa teman-teman disabilitas lainnya juga memiliki perasaan malu ,sama seperti yang ia rasakan. Hingga akhirnya, Laninka pun memutuskan membuat gerakan 'Lipstick untuk Difabel'.

"Jadi aku juga ingin makeup ini membantu mereka, sama seperti yang aku rasakan karena makeup. Tujuan lain adalah aku ingin teman-teman difabel percaya pada dirinya lagi kalau mereka juga berhak untuk cantik, berhak untuk merasa seksi karena lipstik, berhak untuk merasa dihargai berhak untuk merasa jadi perempuan," ungkap Laninka.

Baca Juga : Kaum Difabel Jadi Desainer Hingga Model di Jakarta Modest Fashion Week

Nantinya, lipstik yang terkumpul ini akan diberikan ke beberapa komunitas atau yayasandifabel yang berada diJakarta. Tak hanya itu,Laninka juga mengungkapkan ada beberapa teman-teman di daerah yang bersedia membantu untuk membagikan lipstik didaerahnya. Ia pun tak menyangka jika gerakan 'Lipstick untukDifabel' ini didukung oleh banyak pihak termasukbeautyvlogger daninfluencer lainnya.


"Lizzie Parra, L'oreal dan Luxcrime sudah fix akan ikut serta mendonasikan produknya. Diluar itu juga ada beauty vlogger Kiara Leswara, Endi Feng, Veronica Ong. Ada Amrazing juga yang bantu repost. Gak nyangka sih akan seperti ini, dari kemarin nangis karena haru," imbuhnya.

(agm/agm)