Suka-duka Sebastian Gunawan Ciptakan Buku Koleksi Selama 1 Tahun

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 04 Mei 2018 19:10 WIB
Sebastian Gunawan ciptakan buku koleksi Foto: Daniel Ngantung/Wolipop Sebastian Gunawan ciptakan buku koleksi Foto: Daniel Ngantung/Wolipop

Jakarta - Desainer Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese, istri sekaligus rekan kerjanya, tengah berbahagia. Impian untuk meluncurkan sebuah buku akhirnya terwujud.

Seba, begitu sapaan akrab Sebastian, dan Cristina menamai buku tersebut 'whisper/ROAR'. Namanya disamakan dengan peragaan tunggal Seba dan Cristina yang digelar pada Oktober 2017 silam sebagai selebrasi 25 tahun dia berkarya.

"Tadinya mau diluncurkan berbarengan dengan fashion show itu. Cuma karena proses pembuatan bukunya agak lama, akhirnya diundur," ujar Seba saat acara peluncuran buku tersebut di Warehouse Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2018).

Sebastian Gunawan ciptakan buku koleksiSebastian Gunawan ciptakan buku koleksi Foto: Daniel Ngantung/Wolipop

Baca Juga : Foto: 25 Koleksi Karya Terbaru Desainer Sebastian Gunawan

Buku setebal 250 halaman tersebut mendokumentasikan deretan mahakarya Seba dan Cristina selama satu dekade terakhir. Sejumlah fotografer kenamaan juga Seba gandeng dalam membuat buku ini, di antaranya Peter Tjahjadi, Anton Johnsen, dan Moko Wong.

Proses pembuatannya memakan waktu hingga 1,5 tahun. Seperti saat menciptakan busana, Seba dengan segala ketelititannya ingin buku tersebut menjadi sebuah persembahan yang istimewa.

Seluruh detail sangat diperhatikan, mulai dari desain bahkan hingga kualitas kertas. Untuk buku ini, Seba menggunakan kertas khusus yang diimpor dari Amerika Serikat. Kertas berjenis kruger tersebut tipis namun berkualitas tinggi sehingga terasa ringan untuk buku setebal 250 halaman.

"Proses pengurasian koleksi yang paling memakan waktu. Susah memilih busana mana yang pas untuk buku ini karena saking banyaknya. Sama halnya memilih anak terfavorit," tambah desainer anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia ini.
Sebastian Gunawan ciptakan buku koleksiSebastian Gunawan ciptakan buku koleksi Foto: Daniel Ngantung/Wolipop

Baca Juga : Sentuhan Desainer Sebastian Gunawan di Botol Minuman

Bagi Seba sendiri, buku yang dijual dalam edisi terbatas ini bukan sekadar sebuah pencapaian dan apresiasi untuk kenikmatan pribadi semata. Selain didedikasikan untuk para klien setiannya, buku ini juga Seba persembahkan untuk menginspirasi para desainer muda.

"Di luar negeri, saya rasa desainer membuat buku itu sudah biasa. Tujuannya lebih kepada dokumentasi. Saya berharap, para desainer muda Indonesia termotivasi lagi untuk lebih rajin membuat arsip karya agar bisa menjadi referensi bagi desainer generasi berikutnya," jelas Seba.

Untuk sementara ini, buku 'whisper/ROAR' tidak tersedia di toko buku. Namun, bisa didapatkan melalui pemesanan secara langsung.
(dtg/agm)