Jadi Vegan, Sophia Latjuba dan Eva Celia Jual Tas Kulit Bekas

Hestianingsih - wolipop Jumat, 13 Apr 2018 18:32 WIB
Sophia Latjuba dan Eva Celia. Foto: dok. Instagram (Sophia Latjuba) Sophia Latjuba dan Eva Celia. Foto: dok. Instagram (Sophia Latjuba)

Jakarta - Sophia Latjuba dan putrinya, Eva Celia, memutuskan menjadi seorang vegan. Sudah enam bulan lamanya, Sophia Latjuba menjalani pola hidup tanpa mengonsumsi produk-produk yang mengandung hewan.

Tidak hanya menolak makanan mengandung hewan, Sophia dan Eva pun tidak lagi menggunakan barang-barang yang materialnya terbuat dari hewan, salah satunya tas. Maka dari itu sejak Maret 2017, pasangan ibu-anak ini mulai menjual produk-produk mereka yang terbuat dari kulit ataupun bulu hewan. Mulai dari sepatu, tas hingga jaket kulit.

Lewat Instagram-nya Eva Celia mengaku awalnya berat melepaskan koleksi tas dan sepatu kulit yang pernah ia miliki. Namun untuk menjadi vegan sejati dan benar-benar peduli terhadap kelangsungan hewan serta lingkungan, Eva dan sang ibu memutuskan untuk melepaskannya.

Jadi Vegan, Sophia Latjuba dan Eva Celia Jual Tas Kulit BekasSepatu kulit yang dijual Eva Celia dan Sophia Latjuba. Foto: Instagram/@prelovedbyevasophia

"Sejak ganti gaya hidup jadi veganism, aku juga berhenti membeli produk-produk berbahan kulit, wool dan kashmir. Bukan berita baru lagi kalau kulit adalah hasil sampingan dari industri makanan dan sebaliknya. Sebagian orang bilang kalau beberapa produk wool/kashmir diproduksi dengan memerhatikan etika, tapi jujur saja. KITA TIDAK PERNAH TAHU," tulis Eva Celia di postingan Instagram-nya.

Anak dari pasangan Sophia Latjuba dan mantan suaminya, Indra Lesmana, ini juga mengungkapkan kalau dirinya sudah banyak melakukan riset dan tidak banyak industri yang mau terbuka dengan cara mereka memproses produk-produknya. Untuk itu, Eva memutuskan untuk menjual koleksi tas dan sepatu kulitnya.

Eva menulis kalau sebagian barang sudah laku terjual, tapi belum semuanya. Terkadang ia masih memakai tas dan sepatu kulit tersebut, sambil menunggu hingga ada yang mau membelinya.
Jadi Vegan, Sophia Latjuba dan Eva Celia Jual Tas Kulit BekasTas kulit yang dijual Eva Celia dan Sophia Latjuba. Foto: Instagram/@prelovedbyevasophia
"Kalau dibuang, aku jadi tidak mempromosikan gaya hidup yang berkelanjutan, kan? Sejujurnya AKU NGGAK TAHU. Aku tidak punya semua jawabannya. Aku rasa perjalanan yang aku putuskan untuk dijalani ini banyak area abu-abunya. Tapi. Aku mau belajar. Aku paham perubahan ini tidak dapat terjadi hanya dalam semalam," lanjutnya.

Eva dan Sophia pun membuat akun Instagram khusus untuk menjual koleksi barang berbahan kulit mereka, bernama @prelovedbyevasophia. Kalau kamu tertarik, ada berbagai tas, pakaian dan sepatu kulit dari sejumlah brand fashion high-end yang dijual dengan harga miring. Sebut saja Givenchy, John Varvatos, Coach, YSL dan Braun Buffel. Kamu tertarik beli?
(hst/hst)