Nia Kurniasih Wakil Pertama Indonesia di Miss Universe Meninggal

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 09 Apr 2018 09:15 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram

Jakarta - Kabar duka datang dari ajang kecantikan Indonesia. Wanita Indonesia yang pernah mewakili Indonesia dalam kontes 'Ratu Sejagad' di 1974 dikabarkan meninggal dunia. Nia Kurniasih yang dikirim ke Miss Universe 1974 diketahui berpulang pada Minggu, 8 April 2018.

Nia Kurniasih diketahui merupakan wakil Indonesia pertama yang pernah melaju ke kontes kecantikan internasional. Dilansir dari akun Instagram @dpidamu, almarhumah menghembuskan nafas terakhirnya kemarin pada pukul 20:59 di RS Boromeus, Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Ini Perawatan Kulit Miss Universe yang Habiskan Rp 13 Juta Sekali Datang

Ungkapan duka cita pun sontak diberikan para warganet pada unggahan tersebut. Tak hanya para penggemar kontes kecantikan, ucapan belasungkawa juga datang dari Puteri Indonesia 2004 yang pernah mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2005 dan pihak Yayasan Puteri Indonesia.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Selamat jalan ibu Nia Kurniasih. Selamat beristirahat dengan tenang. Terima kasih sudah menjadi pembuka jalan bagi perempuan Indonesia berkompetisi di kontes kecantikan internasional," tulis Artika Sari Devi melalui Instagram-nya di komentar postingan.

"Kami ikut berdua cita. Ibu Kusuma Dewi (wakil Yayasan Puteri Indonesia) kenal beliau dan saat itu belum dikirim atas nama Yayasan Puteri Indonesia. Saat itu Nia memenangkan Puteri Jakarta sebelum berangkat ke Miss Universe 1974," ungkap Mega Angkasa selaku Senior Coorporate Communication Yayasan Puteri Indonesia.

Baca Juga: Apa Bedanya Miss Universe, Miss International dan Kontes Kecantikan Lainnya?

Dalam postingan disertakan pula foto Nia Kurniasih saat mewakili Indonesia di Miss Universe 1974 yang digelar di Manila, Filipina. Ia terlihat menawan dengan tatanan rambut khas Jawa. Dilansir berbagai sumber, Nia kala itu dikabarkan tidak melalui seleksi dan tidak mendapat dukungan pemerintah. Wanita asal Bandung tersebut pun diberangkatkan oleh pemilik salon kecantikan Andi Nurhayati.


(ami/ami)