Hari Perempuan Internasional

Cerita Andien yang Pernah Mengalami Diskriminasi Gender di Dunia Kerja

Alisa Kintan - wolipop Kamis, 08 Mar 2018 08:31 WIB
Foto: Palevi/detikHOT
Jakarta - Kesetaraan gender, terutama di dunia kerja masih jadi isu sosial yang marak diperdebatkan. Tidak sedikit perusahaan, baik di Indonesia maupun mancanegara yang masih mengkotak-kotakkan karyawan berdasarkan gendernya, baik secara personal maupun gaji.

Diskriminasi gender pun pernah dialami penyanyi Andien Aisyah. Ia mengakui pernah sempat disepelekan karena dirinya adalah seorang wanita.

"Kalau di dunia nyanyi Alhamdulillah tidak pernah ada diskriminasi ya. Kalau di dunia bisnis, ada beberapa hal yang membuatku tidak nyaman," tutur Andien saat ditemui dalam acara peluncuran kampanye See My Creativity, Not My Gender yang diselenggarakan Adidas di Hotel AYANA Midplaza, Jakarta Pusat, Rabu (7/3/2017).

Baca Juga: 6 Pesan Emma Watson Soal Kesetaraan Gender dan Feminisme

Andien mencontohkan saat dia harus berhadapan dengan atasan pria. Banyak yang menyebut kalau lebih baik wanita yang menghadapinya karena parasnya lebih menarik.

"Misalnya mau ketemu bos laki-laki, lalu banyak yang bilang ketemunya sama pegawai wanita saja deh biar nyambung dan lebih enak dilihat. Menurutku itu tidak ada relevansinya. Tapi ya aku pernah merasakan hal seperti itu," ujar pelantun lagu 'Indahnya Dunia' ini. (hst/hst)