ADVERTISEMENT

Review Produk: 3 Makeup 'Oil Control' Tahan Minyak Seharian

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Jumat, 20 Mei 2022 15:35 WIB
Produk Makeup Oil Control Ilustrasi wanita dengan kulit berminyak. Foto: iStock
Jakarta -

Memilih produk makeup untuk kulit berminyak bisa sedikit tricky. Banyak produk di pasaran yang menjanjikan hasil riasan tanpa kilap, namun pada kenyataannya tak bertahan lama, dan justru membuat wajah tampak kusam.

Wolipop pun mencoba tiga produk dengan klaim 'oil control' dan tahan lama seharian. Mulai dari sunscreen, bedak padat hingga bedak tabur. Ini dia review produk makeup dengan manfaat bebas minyak.

1. L'Oreal UV Defender Serum Protector Matte & Fresh

Produk Makeup Oil ControlReview L'Oreal UV Defender Serum Protector Matte & Fresh. Foto: L'Oreal Paris

Varian Matte & Fresh dari seri sunscreen UV Defender ini mengandung SPF 50+ dan PA++++ untuk perlindungan menyeluruh terhadap sinar UVA dan UVB. Produk ini diklaim tidak meninggalkan residu pada wajah, bebas kilap dan tidak lengket.

Kandungan airlicium membantu menghasilkan tampilan kulit yang tak tampak berminyak sekaligus menyamarkan pori-pori. Selain itu juga memiliki fungsi oil control yang membantu kulit terlihat tetap segar saat cuaca panas dan lembap.

Saat dituangkan ke tangan, sunscreen ini berwarna putih pekat. Begitu dioles ke wajah, terasa ringan dan langsung membuat tampilan kulit tampak matte, seperti yang diklaim pada kemasan produknya.

Efek matte juga bertahan cukup lama. Tim Wolipop mengoleskannya ke wajah pada pukul 09.00 pagi, hingga pukul 15.00, wajah masih terlihat segar dan hanya ada sedikit kilap pada bagian hidung, dahi dan dagu. Sunscreen ini pun aman untuk diaplikasikan ulang karena cepat meresap dan kering di kulit.

Namun perlu berhati-hati jika ingin mengaplikasikan foundation atau bedak padat di atas sunscreen ini sebab bisa mengalami pilling, yakni ketika produk menggumpal atau jadi serpihan kecil. Sebaiknya tepuk-tepukkan foundation atau bedak dengan spons, jangan diusap memakai tangan atau kuas. Terlepas dari itu, produk ini bisa berfungsi sebagai base makeup dan pengontrol minyak yang baik.

L'Oreal UV Defender Serum Protector Matte & Fresh bisa didapatkan di drugstore maupun e-commerce seharga Rp 160 ribuan untuk kemasan 50 ml.

2. Maybelline Fit Me Matte + Poreless Powder

Produk Makeup Oil ControlReview Maybelline Fit Me Matte + Poreless Powder. Foto: Dok. Maybelline

Salah satu produk makeup unggulan dari Maybelline ini diklaim punya kemampuan 'oil control' yang tahan hingga 12 jam. Partikel micro-powder bisa membantu menyerap sebum dan keringat yang menjadikan makeup tahan seharian.

Maybelline Fit Me Matte + Poreless Powder juga dilengkapi skin-fitting pigmen yang mudah menyatu dengan warna kulit dan memberi tampilan alami pada wajah. Ditambah SPF 28 dan PA+++ membantu memaksimalkan perlindungan terhadap paparan sinar matahari.

Begitu digunakan pada wajah, bedak padat ini terasa ringan dan memang langsung menyatu dengan kulit. Efek yang dirasakan langsung adalah tampilan wajah yang segar dan bebas kilap.

Namun di kulit saya yang berminyak, efek wajah matte tidak terlalu lama, hanya bertahan sekitar 3-4 jam setelah pengaplikasian. Jika ingin wajah tampak segar seharian, perlu aplikasi ulang dan bisa dibantu dengan blotting paper untuk menyerap kelebihan minyak.

Bedak ini juga cenderung mengalami oksidasi. Sebab setelah beberapa jam dipakai warnanya menggelap sehingga kulit tampak kusam dan agak oranye. Maka dari itu sebaiknya kamu pilih shade yang satu tingkat lebih terang dari warna kulit.

Maybelline Fit Me Matte + Poreless Powder dijual seharga Rp 65.000.

3. SADA Lunis Micro Translucent Loose Powder

SADA Lunis Micro Translucent Loose Powder.SADA Lunis Micro Translucent Loose Powder. Foto: Dok. SADA

Bedak tabur dari brand lokal SADA ini berfungsi sebagai finishing powder untuk 'mengunci' makeup agar lebih tahan lama. Tapi juga bisa digunakan sendiri setelah skincare dan sunscreen jika kamu tidak terlalu suka memakai alas bedak.

Pada kemasannya, produk ini disebut sebagai Oil Control Powder yang bisa menahan minyak dan sebum pada kulit. Efek yang langsung dirasakan adalah wajah tampak matte bebas kilap, tampak segar dan sehat.

SADA tidak menyebutkan berapa lama ketahanan bedak tabur ini untuk 'mengunci makeup' atau menahan minyak. Ketika saya mencobanya, ketahananannya cukup lama untuk ukuran bedak tabur, sekitar 5-6 jam. Selain itu formulanya ringan dan tidak menyumbat pori-pori berkat partikel bedak yang halus.

SADA Lunis Micro Translucent Loose Powder dijual seharga Rp 149.500 dan bisa didapatkan melalui e-commerce serta online shop.



Simak Video "Johnson & Johnson Setop Jual Bedak Bayi Talc Mulai Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)