Jangan Salah, Ini Cara Tepat Pakai Sunscreen agar Kulit Terlindungi

Erika Dyah Fitriani - wolipop Rabu, 13 Okt 2021 10:00 WIB
Ilustrasi perawatan wajah. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Sunscreen atau tabir surya merupakan item esensial yang harus ada dalam setiap rangkaian perawatan kulit. Sebab sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari serta mencegah munculnya bintik hitam pada wajah, kulit terbakar, hingga tanda-tanda penuaan dini.

Meski tampak sederhana, tak sedikit orang yang keliru saat mengaplikasikan produk yang satu ini. Padahal, cara pemakaian yang salah akan berpengaruh pada keefektifan dari sunscreen pada tubuhmu.

Biar nggak bingung apalagi salah, berikut cara tepat untuk kamu menggunakan sunscreen yang dilansir dari Prevention dan MD Anderson Cancer Center.

1. Aplikasikan dengan Tebal dan Merata

Bisa dikatakan, saat memakai sunscreen kamu nggak boleh pelit. Sebab, sunscreen akan menjadi lapisan primer untuk memberikan kulitmu perlindungan dari sinar ultra violet (UV). Untuk itu, kamu harus mengaplikasikan sunscreen dengan tebal dan merata supaya ampuh lindungi kulit dari risiko terbakar. Ambil seukuran 2 jari untuk diaplikasikan pada wajah. Aplikasikan juga pada bagian leher dan bagian telinga luar untuk perlindungan lebih maksimal.

2. Oleskan Sunscreen Setelah Pakai Skincare

Pemakaian sunscreen yang disarankan adalah sebagai langkah terakhir dari rutinitas perawatan kulit atau skincare kamu. Jadi, kamu bisa menggunakan serum dan pelembap terlebih dahulu sebelum menggunakan sunscreen, lalu lanjutkan dengan merias wajah dengan make up.

Meski produk make up-mu mengandung SPF, sunscreen tetap tak boleh dilewatkan ya. Sebab, kamu tetap membutuhkan lapisan dasar dari sunscreen untuk memberi perlindungan pada kulitmu.

3. Beri Waktu agar Sunscreen Meresap ke Kulit

Sunscreen membutuhkan waktu untuk dapat menyerap dengan efektif ke dalam kulit. Untuk itu, kamu disarankan menggunakan sunscreen 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah. Jangan terburu-buru pergi dari rumah sesaat setelah memakai sunscreen agar kamu bisa dapat perlindungan maksimal dari sunscreen yang kamu gunakan.

4. Ulangi Pemakaian Secara Berkala

Meski telah menggunakan sunscreen di pagi hari, kamu tetap disarankan untuk mengaplikasikannya lagi dalam kurun waktu 2-5 jam sekali untuk perlindungan sepanjang hari sesuai dengan tingkat SPF Sun Cream mu. Sebab, sunscreen yang kamu gunakan bisa saja luntur dalam waktu beberapa jam.

Dalam kondisi tertentu, kamu juga disarankan untuk lebih sering mengulang pemakaian (reapply) misalnya saat berenang atau banyak berkeringat.

5. Beri Perlindungan Ekstra

Setelah menggunakan sunscreen dan rutin mengulangi pemakaian, ada baiknya untuk kamu juga menggunakan pakaian/outfit yang dapat melindungi dari sinar matahari seperti baju panjang atau topi lebar. Kamu juga bisa beri perlindungan ekstra dengan menggunakan lip balm ber-SPF tinggi, kacamata hitam dengan perlindungan UV, atau berteduh untuk menghindari panas matahari di jam 10 pagi hingga 4 sore sebab sinar UV matahari pada waktu tersebut disebut yang paling berbahaya untuk kulit.

Jika sudah tahu cara memakai sunscreen yang benar, kini saatnya kamu untuk memilih produk sunscreen yang tepat salah satunya rangkaian Suncream - Natural Sun Eco Series dengan SPF di atas 30 dari The Face Shop.

The Face ShopFoto: dok. The Face Shop

Rangkaian produk ini terdiri dari Natural Sun Eco No Shine Hydrating Sun Cream SPF 50+ yang dibanderol harga Rp 299.000. Produk ini berfungsi sebagai sunscreen dalam bentuk krim yang menyegarkan dan dapat mengontrol sebum berlebih. Sunscreen ini memiliki tekstur halus dan ringan dengan hasil yang matte.

Selain itu, ada juga Natural Sun Eco No Shine Sun Powder SPF 30 PA++ yakni produk bedak tabur/loose powder dengan proteksi SPF30 PA++. Produk sunscreen dari The Face Shop seharga Rp299.000 ini dapat mencerahkan dan menyerap minyak sekaligus menambah perlindungan dari sinar matahari.

Terakhir, rangkaian produk ini juga menawarkan sunscreen Natural Sun Eco Super Perfect Sun Cream SPF50+ dengan formulasi ekstrak sunflower sprout. Cukup dengan Rp 379.000 saja, kamu bisa dapatkan produk ini untuk menjaga kelembapan kulit sekaligus memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang berbahaya.

Ketiga produk dari The Face Shop ini bisa kamu andalkan untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap kulit dari sinar UV yang berbahaya, sekaligus mencerahkan dan menjaga kelembapan kulit wajah.



Simak Video "Tips Tampil Manis dengan Blush On Natural ala Jessica Iskandar"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)