Review: Mencoba Facial 10 Tahap, Red Carpet Oxygen Facial

- wolipop Jumat, 21 Feb 2020 18:31 WIB
Facial Ilustrasi facial. Foto: iStock
Jakarta -

Facial adalah salah satu perawatan kecantikan yang cukup banyak diminati oleh para wanita maupun pria. Hal ini karena perawatan tersebut bisa membersihkan pori-pori yang tersumbat pada wajah sehingga wajah akan terlihat lebih bersih dan sehat. Pada kesempatan kali ini, Wolipop mendapat kesempatan mencoba perawatan Red Carpet Oxygen Facial di Insta Beauty Center Jakarta.

Red Carpet Oxygen Facial ini menurut saya cukup berbeda dari facial pada umumnya karena memiliki tahapan yang jauh lebih banyak, yaitu sekitar 10 langkah. Saat melakukan facial ini juga wajah akan dibersihkan dengan total sebanyak tiga kali, yaitu di awal, tengah, dan di akhir proses facial.

Review: Mencoba Facial 10 Tahap, Red Carpet Oxygen FacialFoto Sebelum Treatment / Foto: dok. Wolipop

Pertama-tama wajah akan dibersihkan terlebih dahulu oleh terapis. Gunanya untuk membersihkan wajah dari debu dan kotoran sehingga saat di facial nanti wajah sudah dalam keadaan bersih. Lalu setelah dibersihkan, langkah selanjutnya adalah face steam yang berguna untuk membuka pori-pori agar saat proses ekstrasi, komedo bisa lebih mudah untuk dikeluarkan.

Setelah wajah diuapi selama beberapa menit, barulah masuk ke proses ekstraksi komedo. Menurut saya dari semua langkah-langkah yang telah saya coba, bagian inilah yang paling sakit hingga bisa membuat air mata keluar. Saat proses ekstraksi ini terapis akan mengeluarkan seluruh komedo-komedo yang menyumbat pori-pori dengan menggunakan alat khusus untuk memencet jerawat dan komedo. Namun jika kamu tidak kuat atau tidak berani, kamu bisa meminta terapis untuk melewatkan bagian ini.

Setelah proses ektraksi komedo, wajah pastinya akan menjadi merah-merah dan bengkak. Agar tidak terjadi peradangan, selanjutnya wajah akan diberikan krim anti iritasi. Setelahnya masuk ke tahap Hollywood Hydrapeel. Tahapan ini menggunakan alat mirip vakum yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo-komedo yang belum terangkat selama proses ekstraksi tadi. Setelah Hollywood Hydrapeel, langkah selanjutnya adalah High Frequency. Langkah ini gunanya untuk membunuh kuman-kuman penyebab jerawat. Jika sudah, wajah lalu dibersihkan kembali oleh terapis.

Review: Mencoba Facial 10 Tahap, Red Carpet Oxygen FacialTahap High Frequency / Foto: dok. Wolipop

Setelah dibersihkan, masuk ke tahap selanjutnya yaitu oxygen infusion. Wajah akan disemprotkan dengan oksigen dan setelahnya akan terasa lebih segar. Setelah itu, masuk ke tahap Cooling yang berfungi untuk menutup pori-pori dan mengurangi peradangan. Sesuai dengan namanya, alat yang ditempelkan ke kulit wajah pada tahapan yang satu ini akan terasa dingin dan segar. Ini juga yang menjadi salah satu langkah favorit saya selain masker.

Review: Mencoba Facial 10 Tahap, Red Carpet Oxygen FacialTahap Oxygen Infusion / Foto: dok. Wolipop

Jika sudah, tahapan selanjutnya adalah Serum Penetration with Ultrasound. Di tahap ini wajah akan diberikan serum yang disesuaikan dengan kondisi kulit. Untuk meratakan serum agar dapat terserap maksimal ke dalam kulit, terapis tidak menggunakan tangan, melainkan alat khusus. Lalu setelahnya wajah diberikan masker yang juga disesuaikan dengan kondisi kulit pada saat melakukan perawatan.

Review: Mencoba Facial 10 Tahap, Red Carpet Oxygen FacialTahap Serum Penetration With Ultrasound / Foto: dok. Wolipop

Karena saat melakukan perawatan wajah saya sedang ditumbuhi beberapa jerawat aktif, jadi dokter di Insta Beauty Center menjelaskan bahwa saat proses facial tadi saya melewatkan tahap Radio Frequency dan massage. Tahapan Radio Frequency itu berfungsi untuk merangsang kolagen dan bisa jadi slimming treatment jika dilakukan secara rutin. Saya tidak disarankan melakukan tahapan tersebut karena ditakutkan salah satu bagian dari alat treatment itu justru nantinya akan memicu jerawat. Dan karena saya saat itu kulit saya sedang berjerawat, dokter menyarankan untuk melanjutkan perawatan dengan IPL (Intense Pulsed Light).

Untuk tahap IPL ini harus dilakukan oleh dokter secara langsung. Jadi saat itu saya langsung ditangani oleh dr. Alberto Kosasih, Dipl. AAAM. Tahap IPL ini tidak berlangsung lama, hanya beberapa kali ditembakkan pada daerah wajah yang kemerahan dan juga berjerawat. Rasanya tidak sakit, hanya sedikit panas dan cekit-cekit saat cahaya ditembakkan ke kulit.

"IPL acne fungsinya dengan hantaran sinar itu dapat mematikan kuman jerawat, mengeringkan, dan mengurangi peradangan," kata dokter Alberto.

Setelah semua proses perawatan sudah selesai, saya cukup puas dengan hasilnya karena kemerahan pada wajah saya menjadi berkurang dan wajah juga terasa lebih halus. Keesokan harinya setelah perawatan saya juga merasa jerawat aktif yang ada di wajah menjadi lebih cepat sembuh.

Review: Mencoba Facial 10 Tahap, Red Carpet Oxygen FacialSetelah Perawatan di Insta Beauty Center / Foto: dok. Wolipop

Bagi pemilik wajah berjerawat dokter Alberto menjelaskan untuk menyembuhkan jerawat-jerawat tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan untuk menghilangkan noda dan bekas-bekas jerawatnya.

"Untuk wajah berjerawat yang pertama itu paling penting facial. Fungsinya untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati. Pokoknya segala treatment yang paling penting adalah facial dulu," kata dokter Alberto.

Dokter Alberto juga menjelaskan anggapan mengenai facial justru akan membuat pori-pori menjadi lebih besar itu tidaklah benar. Menurutnya jika facial dilakukan dengan teknik yang tepat maka pori-pori tidak akan semakin besar. Selain itu dokter Alberto juga mengatakan jika wajah yang sedang memiliki jerawat yang meradang boleh di facial.

"Lagi radang boleh-boleh aja sebenarnya di facial. Karena radang itu pasti tanda-tandanya ada merah, bengkak, panas, dan lain sebagainya. Kalau radang itu biasanya kan jerawat ada nanahnya tuh atau push nya. Dengan jerawat itu dikeluarkan pushnya otomatis peradangan hilang. Kalau justru semakin jerawat berarti ngeluarinnya nggak bersih," kata dokter Albert.

Setelah melakukan perawatan ini saya dianjurkan untuk tidak menggunakan makeup terlebih dahulu selama 2 hari. Untuk kulit normal tanpa jerawat, dokter menyarankan untuk melakukan facial setiap satu bulan sekali, sedangkan untuk kulit berjerawat bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali, tergantung kondisi kulit. Untuk IPL bisa dilakukan seminggu sekali pada wajah yang berjerawat.

Jika ingin mencoba, perawatan Red Carpet Oxygen Facial dipatok dengan harga sekitar Rp 1,6 juta dan IPL sekitar Rp 300 ribuan. Insta Beauty Center berlokasi di Jl. H. Samanhudi No.40, Pasar Baru, Jakarta Pusat.



Simak Video "Anyaman Ate yang Buat Kamu Terlihat Kece!"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)