Ketahui Penyebab Darah Haid Berbau Tak Sedap dan Cara Mengatasinya

Advertorial - wolipop Jumat, 12 Nov 2021 00:00 WIB
adv Foto: Shutterstock
Jakarta - Menstruasi adalah hal yang rutin dialami oleh perempuan setiap bulan. Gejalanya bisa berbeda-beda, mulai dari kram perut hingga pegal.

Tidak hanya itu, ternyata kebanyakan perempuan pasti punya satu masalah yang sama. Yakni, munculnya bau tidak sedap saat sedang menstruasi. Seperti diketahui bau darah menstruasi berbeda dengan bau darah segar. Mengingat selama siklus menstruasi terjadi pelepasan sel telur yang tidak dibuahi, darah, dan jaringan lapisan rahim.

Namun, perlu diketahui bau darah menstruasi juga ada beberapa jenis. Mengutip Healthline, berikut jenis-jenis bau darah menstruasi dan penyebabnya!

Darah Menstruasi Normal
Bau darah menstruasi normal cenderung menyerupai bau metalik, seperti bau koin dan tembaga. Darah menstruasi yang menghasilkan bau logam ini cukup menyengat. Biasanya bau ini.

disebabkan oleh darah yang bercampur dengan bakteri dan zat besi. Kepekatan bau bergantung pada jumlah zat besi dalam darah yang ikut keluar.

Darah Menstruasi Bau Amis

Darah menstruasi juga bisa berbau amis. Hal ini bisa dikategorikan wajar. Meski begitu, kamu perlu khawatir apabila bau yang tercium sudah terlalu menusuk. Karena mungkin saja disebabkan oleh bakteri vaginosis. Bakteri vaginosis bisa muncul selama periode menstruasi, namun bukan karena siklus menstruasi. Penyebabnya lebih karena infeksi vagina yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

Darah Menstruasi Bau Busuk

Darah menstruasi bau busuk bisa saja terjadi. Jadi, kamu nggak perlu langsung panik. Biasanya bau busuk ini karena darah yang menempel terlalu lama pada pembalut. Oleh karena itu, sebaiknya ganti pembalut secara berkala setiap 3 hingga 4 jam sekali. Apalagi saat darah menstruasi sedang banyak-banyaknya. Hal ini agar kondisi vagina tidak menjadi terlalu lembap sehingga dapat mencegah virus, jamur, dan bakteri jahat berkembang biak.

Bau tak sedap saat menstruasi kadang bikin insecure. Apalagi jika orang di sekitar sampai menyadarinya. Namun, jangan khawatir. Sekarang ada Charm Herbal Ansept+, inovasi terbaru dari charm yg mampu mengatasi masalah bau saat menstruasi.

advFoto: dok. Charm

Dengan formulasi daun sirih plus herbal pilihan, seperti kunyit, jahe, lidah buaya, dan manjakani, Charm Herbal Ansept+ dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah bau saat menstruasi. Jadi Bye Bau, Bye Panic! Yuk jadi lebih percaya diri bersama Charm sehingga tak ada momen terlewatkan! (adv/adv)