ADVERTISEMENT

Pemain Catur Diancam Pascalepas Hijab Saat Tanding, Begini Nasibnya Sekarang

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 10 Jan 2023 12:45 WIB
Sara Khadem Foto: Instagram Sara Khadem
Jakarta -

Seorang pemain catur asal Iran membuat keputusan berani untuk membuka hijabnya saat pertandingan di luar negeri beberapa waktu lalu. Wanita itu pun langsung mendapat peringatan bahkan diminta untuk kembali ke negaranya. Bagaimana nasibnya sekarang?

Sara Khadem baru-baru ini berkompetisi dalam FIDE World Rapid dan Blitz Chess Championships di Kazakhstan. Selagi bertanding, wanita itu tidak mengenakan kerudung yang diwajibkan oleh pemerintah Iran. Saat laporan dan foto-fotonya tersebar, bukan hanya Sara yang dalam bahaya tapi juga keluarganya.

Dilihat dari akun Instagram-nya, Sara memang tampak selalu mengenakan kerudung ketika bertanding meski tidak benar-benar menutupi semua bagian rambutnya. Tapi baru-baru ini ia terlihat melepas penutup kepala. Meski begitu, ia tetap berpakaian sopan.



"Sumber, yang tidak disebutkan namanya karena masalah yang sensitif, mengatakan Khadem kemudian menerima berbagai panggilan telepon dari pihak-pihak yang memperingatkannya agar tidak kembali ke rumah setelah pertandingan selagi yang lainnya berkata dia harus kembali dan berjanji untuk mengatasi masalahnya,"

"Sumber juga mengatakan saudara dan orang tua Khadem yang berada di Iran menerima ancaman tapi tidak ada detail yang lebih lanjut," kata Reuters.

Setelah mendapat berbagai ancaman dikatakan pihak keamanan memperketat penjagaannya di Kazakhstan. "Panggilan-panggilan itu membuat pihak penyelenggara menyediakan keamanan bekerja sama dengan polisi, akhirnya empat pengawal berdiri di depan kamar hotel Khadem,"

[Gambas:Instagram]



Sara Khadem tentu mengkhawatirkan nasibnya. Dilaporkan bahwa setelah pertandingan wanita tersebut memutuskan untuk tidak kembali ke Iran. Sara memilih untuk pergi ke Spanyol bahkan beberapa laporan menyebut ia akan pindah secara permanen.


Belakangan semakin banyak wanita Iran yang membuat keputusan berani untuk membuka hijab. Tapi sayangnya nasib mereka malah berakhir mengkhawatirkan, termasuk Sara Khadem. Sebelumnya, isu lepas hijab menjadi panas setelah Mahsa Amini disebut meninggal setelah ditanggap polisi moral karena mengenakan kerudung dengan cara yang tidak pantas. Masyarakat yang marah mengetahui laporan tersebut turun ke jalan untuk melakukan aksi protes yang berakhir memakan korban jiwa

(ami/ami)