ADVERTISEMENT

10 Profesi yang Diprediksi Paling Banyak Resign di 2023, Cari Pekerjaan Baru

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 07 Jan 2023 12:16 WIB
Frustrated business people sitting at the table in office, arguing while discussing project. Their female colleague covering her face with hands looking exhausted and ill. Business problem concept Foto: iStock
Jakarta -

Pergantian tahun sering dijadikan momen untuk membuat resolusi dan menyiapkan berbagai rencana, termasuk soal karier. Tak sedikit profesional yang berniat untuk naik jabatan atau bahkan pindah profesi. Menurut pakar, 2023 menjadi tahun di mana banyak orang berpikir untuk resign. Salah satu alasannya adalah karena ketidakpuasan dan keinginan untuk mencari pekerjaan yang lebih menghasilkan.

Berdasarkan laporan terbaru dari firma konsultasi personalia, Robert Half, perusahaan perlu mengantisipasi banyaknya pegawai yang mengajukan pengunduran diri. Berdasarkan survey yang dilakukan kepada 2.500 profesional selama Oktober dan November 2022, setengah pekerja di Amerika Serikat sedang mencari lowongan dan mempertimbangkan pindah kantor atau profesi tahun ini. Angka itu naik 41% dari enam bulan sebelumnya.

Siapa saja orang yang akan resign di 2023? Menurut riset, para gen Z berusia 18 hingga 25 tahun (60%) yang baru mulai bekerja, pegawai yang memiliki anak (53%), dan mereka yang sudah bekerja lebih dari lima tahun (55%) adalah yang paling potensial.

"Kabar mengenai pembekuan perekrutan dan PHK di sejumlah perusahaan tampaknya tidak menjadi penghalang beberapa pekerja, banyak yang masih percaya diri dengan prospek kerja mereka seperti enam bulan lalu.

"Pasar tenaga kerja tetap ketat dan para profesional penasaran untuk mengeksplor jalur karier yang lebih baru dan memuaskan," kata Paul McDonald selaku senior eksekutif direktur Robert Half.

Riset juga mengungkap alasan mereka mencari pekerjaan atau profesi baru di 2023. Gaji masih menjadi yang pertama. Kebanyakan pekerja mencari penghasilan yang lebih tinggi (61%) dan tak sedikit pula yang lebih mementingkan tunjangan atau bonus lain (37%). Adapun dampak pandemi Corona yang membuat orang sadar untuk memilih perusahan yang memperbolehkan kerja dari sana saja (36%).

Berikut 10 pekerjaan yang diprediksi paling banyak resign di 2023:

1. Manajer Software Development
2. Direktur Kreatif
3. Insinyur Kontrol
4. Manajer Produksi Manufaktur
5. Spesialis Public Relation (PR)
6. Spesialis HRD
7. Spesialis Coder Medis
8. Customer Service Senior
9. Asisten HRD
10. Manajer Customer Success

(ami/ami)