ADVERTISEMENT

Kisah Sukses Miliuner Hanya Kerja 4 Jam Sehari, Awalnya Guru Microsoft Excel

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 30 Des 2022 08:00 WIB
Miss Excel Foto: Instagram @miss.excel
Jakarta -

Untuk jadi sukses tidak harus dimulai dengan pekerjaan besar bergaji tinggi. Seorang wanita mengaku mengawali kariernya dengan mengajarkan Microsoft Excel. Berawal dari iseng, popularitasnya sebagai guru Excel kemudian membawanya jadi miliuner yang hanya butuh empat jam setiap harinya untuk menghasilkan gaji miliarian rupiah.

Seorang wanita bernama Kat Norton disebut sudah berstatus miliuner di usianya yang baru 29 tahun. Kat tidak datang dari keluarga kaya, ia bahkan memulai karier saat hampir putus asa dengan tumpukan utang biaya kuliah. Ketika itu, ia terpikir untuk membuat konten tentang trik-trik Microsoft Excel. Tak disangka, video-videonya jadi viral hingga punya banyak folllower.

Setelah memastikan pasarnya, Kat kemudian mulai menjual kursus online Microsoft Excel melalui website. Hanya dalam dua bulan, penghasilan pasif sudah melebihi gajinya sebagai konsultan manajemen. Dari situ, Kat memutuskan untuk resign dan menjadi pebisnis penuh waktu.

Miss ExcelMiss Excel Foto: Instagram @miss.excel

Kat kemudian membuat lebih banyak kursus online tapi mengembangkannya untuk bidang karier lain. Semakin banyak 'murid', ia bahkan pernah menjual $100.000 (Rp 1,5 miliaran) dalam sehari saja. Kini, ia telah membangun Miss Excel menjadi perusahaan yang menghasilkan $2 juta (Rp 31 miliaran) dalam satu tahun. Ia pun mengajak suaminya untuk resign dari pekerjaan lama dan menjabat sebagai president of sales.

Dengan penghasilan pasifnya, kini Kat Norton tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk bekerja. Dikatakan ia hanya butuh tiga sampai empat untuk mengurus pekerjaan setiap harinya. Bukan karena tidak banyak tugas tapi menurutnya penting untuk menjedakan diri.

"Aku memutuskan menjadwalkan istirahat di sela-sela tugas untuk mereset diri sendiri. Ini membantuku jadi lebih efesien dan bekerja hanya 15 sampai 20 jam dalam seminggu," katanya.


Kat Norton pun membagi tips kariernya kepada mereka yang ingin sukses dari bisnis sampingan. "Jika kamu sudah sangat berniat untuk memulai bisnis sampingan impian, aku mendorong kalian untuk berhenti dari pekerjaan (utama). Bisa jadi menyeramkan untuk ada di luar sana (zona nyaman) tapi kamu tidak pernah tahu sampai kamu mencoba," ujarnya.

(ami/ami)