ADVERTISEMENT

Viral Pramugari Dipecat karena Sudah Berusia 50, Kegigihannya Bikin Kagum

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 14 Des 2022 11:44 WIB
Pramugari Hu Foto: Dok. Weibo
Jakarta -

Banyak orang yang sudah berusia matang tidak lagi mengutamakan pekerjaan. Tapi seorang wanita bernama Hu tetap ingin produktif bahkan setelah dipecat karena sudah memasuki usia kepala lima. Wanita asal Beijing itu sebelumnya diberhentikan setelah bekerja setelah enam tahun di Norwegian Air Shuttle. Tidak ingin menyerah, Hu tetap berusaha cari kerja lagi yang menginspirasi orang-orang muda.

Hu memang sudah tergolong senior untuk seorang pramugari. Meski begitu, ia tidak ingin berhenti bekerja karena merasa masih mampu menjalani profesinya. Karena itu, setelah dipecat, ia langsung mencari pekerjaan baru selagi berusaha meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bahkan belajar bahasa Finlandia. Hal itu dilakukannya sebab di China maskapai tidak diperkenankan untuk mempekerjakan kru kabin berusia lebih dari 40.

Berkat kegigihannya, wanita itu sudah diterima di sebuah maskapai internasional yang tidak disebutkan namanya. Di sana, Hu menjadi satu-satunya pegawai China di sana dan bekerja dengan anak-anak muda. Ketika ditanya mengenai rahasianya masih kuat bekerja Hu mengaku tak hanya meningkatkan kemampuannya dalam melayani penumpang tapi juga menjaga kebugaran tubuhnya untuk tetap bisa jadi pramugari.

Pramugari HuPramugari Hu Foto: Dok. Weibo

"Aku berolahraga secara rutin dan aku berusaha keras menjalani diet yang sehat. Itu adalah alasan terbesar aku masih bisa menjalani pekerjaan yang menuntut secara fisik yang menuntut jam terbang panjang ini," tuturnya.

"Gunakan semua kekuatan dan keberanianmu untuk menghadapi hidup. Hiduplah dalam momen (sekarang) dan jangan pernah menyesali setiap langkah yang kamu ambil," kata Hu dalam sebuah video yang diunggah di Weibo.

Kata-kata motivasi dari Hu membuatnya jadi viral. Banyak orang yang terkagum dengan semangatnya. Tak sedikit wanita yang menjadikannya panutan sekaligus berbagi mengenai sulitnya mencari pekerjaan di usia 40 bahkan 30.

Pramugari HuPramugari Hu Foto: Dok. Weibo

"Ketika seorang wanita sekitar usia 30 melamar pekerjaan, perusahaan biasanya akan bertanya apa dia punya rencana menikah dan punya anak. Tak hanya itu, tidak peduli berapa kali mereka bilang tidak ingin menikah atau punya anak, mereka cenderung tidak percaya,"

"Sulit untuk orang berusia lebih dari 30 tahun mencari pekerjaan di China. Mereka yang berusia 40 atau lebih dianggap sebagai orang tua oleh perusahaan," kata komentator.

Di China, wanita biasanya disarankan untuk pensiun di usia 50 dan pria di usia 55 jika pekerjaan mereka melibatkan fisik atau freelance. Sedangkan untuk para pekerja pemerintahan, sekolah, atau perusahaan, batasan usianya adalah 55 untuk wanita dan 60 untuk pria.

Pramugari HuPramugari Hu Foto: Dok. Weibo
(ami/ami)