ADVERTISEMENT

Ini 5 Persiapan Penting Sebelum Masuk Dunia Kerja untuk Para Fresh Graduate

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 17 Nov 2022 05:28 WIB
Ilustrasi wanita karier Foto: Getty Images/iStockphoto/BongkarnThanyakij
Jakarta -

Mengingat ketatnya persaingan, mencari pekerjaan di zaman sekarang butuh lebih dari sekadar ijazah. Apalagi untuk para fresh graduate yang umumnya dituntut untuk memiliki pengalaman dan kemampuan dasar. Untuk terlihat potensial di mata HRD atau calon manajer, kamu perlu mempersiapkan diri agar mudah diterima perusahaan. Sebelum masuk dunia kerja, berikut lima persiapan yang bisa dilakukan menurut kreator konten Junar Asunyi:

1. Membuat Rencana Karier
Kamu yang baru atau akan lulus universitas, mungkin tengah bersiap masuk dunia kerja. Selain ilmu dan pengalaman, kreator konten Junar Asunyi menyarankan pentingnya membuat rencana karier. Ia menganjurkan agar para fresh graduate mulai mempelajari posisi pekerjaan seperti apa yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Setelah itu, kamu bisa memikirkan jenjang karier yang ke depannya serta ilmu atau kemampuan apa yang harus dimiliki untuk mencapainya.

2. Melatih Skill
Sebelum melamar dan melakukan wawancara kerja, pastikan bahwa kamu punya kemampuan untuk ditawarkan kepada perusahaan. Selain hal-hal yang sudah dipelajari di bangku sekolah atau kuliah, coba asah lagi hard skill dan soft skill sesuai dengan minat atau jurusan masing-masing.

"Hard skill yang berkaitan dengan posisi pekerjaan seperti, Adobe Photoshop untuk Graphic design, Recruitment untuk HRD, Microsoft Excel untuk Admin, dll. Sedangkan soft skill yang berkaitan dengan posisi pekerjaan seperti, public speaking untuk Marketing, Negosiasi, Teamwork, Creative Thinking, Analytical Thinking," kata Junar yang menjadi narasumber dalam Kulwap Wolipop #VersiTerbaikmu "Merencanakan Karier Gemilang" pada Selasa, (15/11/2022).

3. Persiapkan Magang
Kamu yang belum pernah magang belum terlambat untuk mencari pengalaman kerja atau volunter. Junar menyarankan agar mahasiswa atau fresh graduate magang di posisi atau perusahaan yang sesuai dengan minat. "Belajar banyak ilmu baru dan dapatkan pengalaman berharga selama magang. Jalani relasi yang baik dengan rekan dan atasan," ujarnya.

4. Bangun Personal Branding
Selain nilai akademis juga magang, di zaman ini penting untuk memiliki personal branding untuk membangun karier. Menurut Junar, hal itu bisa meningkatkan kredibilitas dan memaksimalkan peluang dapat kerja. Bagaimana cara untuk membuat personal branding bagi fresh graduate?

"Kelola platform media sosial, fokus ke satu topik dan satu target yang spesifik, menjadi diri yang autentik, dan ciptakan pengaruh yang positif," kata pria yang sering membagi tips karier lewat akun @junarsyi tersebut.

5. Persiapkan Kondisi Tubuh dan Mental
Persiapan masuk dunia kerja yang terakhir tapi tak kalah penting menurut Junar Asunyi adalah menjaga kondisi tubuh. Ia menyarankan agar pelamar mulai memperhatikan gaya hidup, misalnya dengan menghindari begadang dan mengkonsumsi asupan makanan sehat. Meski terdengar sepele, pria yang bekerja sebagai Human Resource and General Affair di SF Group tersebut menilai jika hal itu bisa mempengaruhi performa wawancara.

"Jangan begadang, ini banyak disepelekan. Begadang sebelum wawancara membuat kamu mengantuk keesokan harinya dan jadi kurang fokus apalagi jika wawancara dilakukan pagi. Kurangi makan junk food yang membuat kondisi tubuh kurang sehat," tuturnya kepada Wolifriends dalam Kulwap.

(sra/sra)
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya