ADVERTISEMENT

Doa Kelancaran Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi

Arina Yulistara - wolipop Senin, 31 Okt 2022 05:00 WIB
Doa Kelancaran Berbicara Doa Kelancaran Berbicara. Foto: Dok. Detikcom
Jakarta -

Mau ada presentasi penting tapi sering gugup? Yuk amalkan doa kelancaran berbicara di depan umum agar tidak grogi.

Berbicara hanya berdua dan di depan orang banyak tentu berbeda. Butuh kepercayaan diri yang cukup untuk bisa memberikan presentasi yang bagus di depan umum.

Bagi umat Muslim, kamu bisa mengamalkan doa kelancaran berbicara di depan umum agar lebih mudah mengatasi grogi ketika saat akan pidato. Minta pertolongan Allah SWT lewat doa kelancaran berbicara supaya urusanmu berjalan lancar.

Masih belum hapal atau mungkin tidak tahu mengenai doa kelancaran berbicara? Yuk mulai hapalkan doa kelancaran berbicara yang bisa kamu amalkan agar urusan berjalan lancar.

Doa Kelancaran Berbicara di Depan Umum

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisyrahlii shadrii, Wayassirlii Amrii, Wahlul'uqdatammillisaanii, Yafqohuu Qoulii

Artinya:

"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku. Dan mudahkanlah untukku urusanku. Dan lepaskanlah kekakuan dari Lidahku. Supaya mereka mengerti perkataanku." (QS. Thaha:25-28)

Kamu bisa membaca doa kelancaran berbicara setelah salat fadhu dan beberapa menit sebelum berada di depan banyak orang. Kamu juga bisa mengamalkan doa kelancaran berbicara saat mau diskusi atau bermusyawarah.

Doa kelancaran berbicara dianjurkan dibaca tiga kali sebelum melakukan presentasi di depan umum. Ada sedikit tips untuk kamu agar lancar berbicara di hadapan banyak orang:

Tips Lancar Berbicara

1. Latihan berulang kali

Salah satu kunci kelancaran berbicara di depan umum dengan latihan berulang kali. Public speaking merupakan skill yang perlu dilatih jadi harus banyak praktek ya.

Kamu bisa latihan di ruangan kosong, depan keluarga, teman, atau cermin. Akan lebih efektif saat ada yang mendengarkan dan minta saran mereka.

2. Lakukan riset terlebih dahulu

Tidak lupa melakukan riset terlebih dahulu terhadap materi yang akan disampaikan. Pastikan kamu menguasai materi agar tidak gugup dan menambah kepercayaan dirimu.

3. Tentukan poin yang krusial

Tentukan poin yang krusial sebelum maju untuk presentasi di depan umum. Setelah membaca doa kelancaran berbicara, kamu bisa mulai dengan memaparkan poin-poin yang penting terlebih dahulu.

Yuk coba amalkan doa kelancaran berbicara dan ikuti tips di atas agar tidak grogi saat harus presentasi di depan publik.



Simak Video "Hailey Bieber Ungkap Idap Kista Ovarium Sebesar Buah Apel"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)