ADVERTISEMENT

Viral Kisah TKI Beri Balasan Menohok Saat Rumah Disebut bak Kandang Kambing

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 29 Okt 2022 07:00 WIB
Kisah wanita yang bekerja sebagai seorang TKI di Singapura, bisa membangun rumah 2 lantai di Ponorogo, Jawa Timur. Kisah TKI sukses bisa membangun rumah dua lantai untuk kedua orang tuanya bikin kagum. Foto: Dok. TikTok @89tintinaja.
Ponorogo -

Ada beberapa alasan yang mendorong seseorang untuk menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Di antaranya faktor ekonomi dan keterbatasan lapangan pekerjaan.

Seperti yang dilakukan oleh wanita ini yang memutuskan merantau ke negara tetangga karena faktor ekonomi dan ingin membahagiakan kedua orang tuanya. Ia ingin menjadi orang yang sukses setelah kerap mendapatkan perundungan karena rumahnya dianggap seperti kandang kambing. Oleh sebab itu, ia ingin bekerja keras dan memutuskan untuk menjadi TKI.

Wanita yang bekerja menjadi TKI ini viral setelah mengunggah kisahnya melalui akun TikTok @89tintinaja. Dalam unggahannya Titin mengaku dulu rumahnya disebut tetangga yang nyinyir, bak kandang kambing.

"Ketika berangkat jadi TKW. Sampai ada yang bilang rumah aku kayak kandang kambing ketika itu," ucap Titin di video unggahannya.

Titin mendapatkan kesempatan bekerja sebagai TKI di Singapura. Pada saat harus berangkat ke Negeri Singa, Titin mengaku merasa sedih karena meninggalkan kedua orang tuanya di kampung.

"Sedih gak sih ya sedih kan? 6 bulan di Singapura rasanya sudah gak betah dan minta pulang," tulis Titin.

@89tintinaja ikut" an🤗🤗🤗#rumahkuistanaku ♬ original sound - mutiaraanandaaaaa

Ia sempat merasa tidak betah ketika bekerja di Singapura. Belum lagi kedua orang tuanya merasa rindu akan kehadiran anaknya. Namun, Titin tidak bisa pulang karena harus bekerja dan ingin mewujudkan impiannya.

"Sampai orang tua kebingungan harus gimana anaknya jauh minta pulang tapi tidak bisa berbuat apa-apa. Sampai akhirnya aku ubah jalan pikiranku kalau bukan saya sendiri siapa yang mau mengubah keadaan hidupku," tuturnya.

Titin pun bekerja keras hingga bisa membuktikan diri dapat membangun rumah dua lantai yang layak untuk kedua orang tuanya. Sebelumnya, rumah Titin satu lantai tidak dicat dan atap seng.

"Dan akhirnya aku berhasil tidak mewah tapi Alhamdulillah," ucapnya bersyukur.

Dalam video selanjutnya, Titin memperlihatkan detail dalam rumahnya. Ia mengatakan belum mengisi perabotan rumah karena masih menabung.

"maaf kak rmh nya berantakan dan kosong g kuat ngisi soal nya dana nya udh habis🤦♀️🤦♀️🤦♀️#rumahkuistanaku," tulisnya.

Kisah wanita yang bekerja sebagai seorang TKI di Singapura, bisa membangun rumah 2 lantai di Ponorogo, Jawa Timur.Kisah wanita yang bekerja sebagai seorang TKI di Singapura, bisa membangun rumah 2 lantai di Ponorogo, Jawa Timur. Foto: Dok. TikTok @89tintinaja.

Kerja keras Titin Jadi TKI Hingga Bisa Bangun Rumah

Titin menjawab berbagai komentar warganet terkait kehidupannya sebagai TKI. Ia menceritakan pengalaman bekerja di Singapura.

"4 tahun bekerja di Singapura sebelum itu ya punya lah sedikit tabungan dan di Singapura saya jarang sekali libur. Bahkan kontrak pertama gak ada libur🤦♀️🤦♀️🤦♀️," balas Titin di kolom komentar.

Titin mengaku hanya bisa berlibur ketika diajak oleh majikannya." Karena setiap minggu juga diajak jalan-jalan sama anak-anaknya nenek jadi tahu tempat-tempat bagus ya karena pergi sama majikan," jelasnya.

Ia juga menceritakan kerja kerasnya untuk menabung agar bisa membangun rumah untuk kedua orang tuanya. Motivasi Titin bekerja adalah untuk membahagiakan keluarganya.

"Betul sekali kak, sampai saya itu jarang libur kalau gak perlu-perlu banget karena mkir eh tak buat libur shari bisa buat blanja simbok ku seminggu, betapa pelitnya saya🤦," terangnya.

Wanita yang tinggal di Ponorogo, Jawa Timur ini mengaku awal mula bisa bekerja di Singapura karena mengikuti program penyalur TKI PT. PJTKI.

"Saya dulu ikut PT. PJTKI. Syaratnya KTP, kartu keluarga, akte, ijazah," balas Titin lewat kolom komentar.

Ia juga menyebutkan kisaran dana yang ia keluarkan sekitar Rp 200 juta untuk membangun rumah untuk kedua orang tuanya di Ponorogo. "Alhamdulillah hasil kerja keras sendiri. Banyak lho yang ingin ke sana tapi gak kesampaian, manfaat kan waktu mu selagi di sana, semangat semangat ingat perjuanganmu sampai bisa msuk sana 💪💪💪💪💪," jelasnya.

Kisah wanita yang bekerja sebagai seorang TKI di Singapura, bisa membangun rumah 2 lantai di Ponorogo, Jawa Timur.Kisah wanita yang bekerja sebagai seorang TKI di Singapura, bisa membangun rumah 2 lantai di Ponorogo, Jawa Timur. Foto: Dok. TikTok @89tintinaja.

Unggahan Titin sudah ditonton lebih dari 5,2 juta Views dan mendapatkan beragam komentar. Rata-rata warganet ada yang kagum dengan kerja kerasnya.

"Semangat kakak membahagiakan orang tua itu sangat mulya🥰semoga selalu sukses," ucap pengguna TikTok @silvia aprilia.

"Yang ku bayang betapa sedih dia ninggalin keluarga betapa lelah badanya bekerja betapa tangguhnya dia meninggalkan negara, sukses trus buat para kamu mbak," puji akun @Kang Henna.

"Tetap semangat mba..biar lah hinaan orang menjadi cambukan semangat buat kesuksesan," saut akun @Agus goes goes.

"Hidup itu asal ikhlas jalani ya...pasti akan mendapat hasil yang sempurna...salut buat dirimu👍👍👍👍," kagum akun @💢IVOY 🦇TANJUNG💢.

"Ka syarat untuk bisa kerja di sana apa aja ya?" tanya akun @capricorn girls92.

"Salam kenal kakak.. mau dong jadi TKW Gimana cara nya," timpal akun @Erlica Sufita.

"Hebat juga kakak, semangat terus kakak,,saya mau tkw ada rasa takut," takjub akun @Rivaldy Brian.

(gaf/eny)
dMentor
×
Awas! Gelombang Ganas PHK
Awas! Gelombang Ganas PHK Selengkapnya