ADVERTISEMENT

Ternyata Ini 5 Manfaat Melamun, Bikin Kamu Nggak Gampang Stres Saat Kerja

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 27 Agu 2022 10:00 WIB
Ilustrasi wanita melamun Foto: Getty Images/Jasmina007
Jakarta -

Melamun, termenung, atau bengong sering dianggap sebagai bentuk kemalasan. Padahal secara medis hal itu adalah sesuatu yang normal dan sehat asal tidak dilakukan berlebihan atau mengganggu keseharian. Menurut studi peneliti Universitas Harvard, kita bahkan menghabiskan 50% hidup dengan melamun. Kondisi tersebut pun memiliki dampak positif yang tidak banyak diketahui, terutama untuk pekerjaan.

Respon dari Stres
Tak jarang kita menyadari diri sedang melamun dengan pikiran kosong dan tidak ingin berhenti. Bukan sesuatu yang salah karena menurut Dr Karan Rajan, hal tersebut wajar terjadi terutama dalam situasi di mana kita sedang sibuk atau tertekan. Termenung bisa menjadi bagian dari proses tubuh menghemat sumber daya energi.

"Ini adalah respon tubuh untuk beristirahat sebagian, itu adalah respon natural terhadap stres. Pada dasarnya, mode screensaver," kata dokter yang terkenal di TikTok itu.

Meningkatkan Kreatifitas
Selain sebagai respon terhadap stres, melamun ternyata punya banyak manfaat lain, salah satunya meningkatkan kreatifitas. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya orang yang tiba-tiba mendapat ide bagus bahkan solusi dari suatu masalah ketika pikira sedang kosong atau melayang. Berdasarkan studi UC Santa Barbara, 41% pekerja yang diberi istirahat untuk melamun pun terbukti bisa bekerja lebih baik.

"Dengan melamun, pikiran kita bisa membuat koneksi yang lebih lanjut. Kita bisa mengaitkan lebih banyak hal yang biasanya tidak bisa," kata psikoterapis LEslie Ellis kepada Glamour.

Bikin Lebih Produktif
Bukan sesuatu yang buang-buang waktu, melamun atau bengong sebentar di tengah kerja justru bisa bikin kamu lebih produktif. Studi lain dari Georgia Institute of Technology menemukan jika orang yang suka melamun setelahnya justru akan merasa lebih segar dan memiliki energi untuk mengerjakan tugas-tugas mereka. Karena itu, ketika merasa lelah atau buntu, sempatkan waktu sebentar untuk bengong.

Lebih Bahagia Saat Bekerja
Selain itu, melamun bisa membantu para pekerja meningkatkan mood mereka dan jadi lebih bahagia. Ternyata ketika pikiran kita melayang setelah menyelesaikan pekerjaan yang rumit atau meeting yang intens, perasaan justru bisa jadi lebih positif. Artinya melamun bisa meningkatkan kesehatan mental dan tingkat kepuasan kerja.

Membantu Meraih Tujuan
Bisa memicu ide-ide brilian, melamun juga dapat membantu kamu lebih fokus meraih tujuan. Melamun akan membuat kamu termotivasi untuk meraih mimpi atau cita-cita atau sekadar mengingatkan ada suatu problema yang belum terpecahkan. Tapi untuk mencapainya, kamu perlu lebih dari sekadar bengong atau termenung. Mulailah dari mengidentifikasi masalah dan buat rencana untuk mencari solusinya.

(ami/ami)