ADVERTISEMENT

10 Profesi yang Diprediksi Akan Punah di 2030, Pilot Hingga Teller Bank

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 19 Agu 2022 18:30 WIB
Ilustrasi pilot Foto: (iStock)
Jakarta -

Perkembangan zaman menghapus sejumlah pekerjaan bukan hanya karena tidak lagi relevan tapi juga tergantikan mesin. Karena itu, bukan tidak mungkin profesi yang kita sering temui sehari-hari bahkan kita jalani akan punah di kemudian. Berdasarkan analisis dari Oxford Economics, nantinya lebih banyak pekerjaan yang dilakukan oleh robot daripada manusia karena kecanggihan teknologi. Berikut 10 di antaranya:

1. Pekerja Pabrik
Berdasarkan riset Oxford Economics, sebanyak 20 juta pekerjaan manufaktur akan tergantikan dengan robot pada 2030. Studi tersebut pun memberi peringatan pada mereka yang bekerja sebagai perakit di pabrik bahwa profesi itu cepat atau lambat akan tergantikan. Pabrik pun lebih memilih robot untuk menekan biaya dan sudah semakin mudah dioperasikan.

2. Supir
Kini kebanyakan transportasi umum memang masih butuh seorang supir. Tapi mulai banyak kendaraan yang vusa diprogram untuk berjalan sendiri. Dengan begitu, taksi, bus, bahkan kendaraan berat untuk konstruksi, seperti buldozer bisa saja tidak perlu lagi dikendarai secara manual.

3. Resepsionis
Resepsionis dibutuhkan untuk menyambut tamu dan memberikan informasi. Tapi seiring perkembangan zaman ternyata pekerjaan itu tak terlalu dibutuhkan lagi. Belakangan kebanyakan perusahaan menggunakan mesin penjawab untuk menggantikan tugas resepsionis atau operator telepon.

supermarket cashier wearing mask on a supermarket on Aclimação neighborhood in São Paulo city during coronavirus quarantine.supermarket cashier wearing mask on a supermarket on Aclimação neighborhood in São Paulo city during coronavirus quarantine. Foto: Getty Images/Produced by Marco Toresin

4. Kasir
Di Indonesia mungkin belum banyak toko offline yang mempersilahkan para pelanggan untuk check out barang sendiri. Tapi di luar negeri, sebuah toko bahkan bisa saja buka tanpa kasir atau penjaga sama sekali. Karena itu, kasir menjadi salah satu pekerjaan yang terancam punah karena teknologi.

5. Teller
Kebanyakan orang kini tidak lagi terlalu membutuh jasa teller atau pegawai bank. Apalagi transaksi dengan bank digital yang praktis dan menawarkan berbagai promo semakin marak digunakan. Karenanya, tugas teller dan pegawai bank bisa semakin terkikis di masa depan.

6. Petugas Gudang
Pekerjaan di gudang juga bisa tergantikan dengan robot. Tak perlu lama butuh banyak sumber daya manusia untuk menjaga bahkan mengepak barang, tugas-tugas mereka bisa mulai tergantikan dengan mesin.

Peluang Kerja Lulusan FarmasiPeluang Kerja Lulusan Farmasi Foto: thinkstock

7. Pekerja Apotek
Di masa depan, kamu mungkin tidak akan menemukan seorang penjaga toko atau apoteker. Dengan kecanggihan teknologi, sebuah robot diprediksi bisa membantu mengambilkan obat bahkan membaca resep dari dokter.

8. Pengumpul Informasi
Selain pengacara, sebuah firma hukum biasanya mempekerjakan sejumlah paralegal dan staf-staf yang bertugas sebagai mengumpulkan informasi. Dikatakan jika tugas-tugas itu juga bisa saja tergantikan oleh robot. Diprediksi jika mesin dapat menyortir dan mencari data-data yang dibutuhkan seperti memakai mesin pencari di internet.

9. Pilot
Pilot adalah profesi yang butuh banyak latihan dan pengetahuan. Tak terbayangkan jika pekerjaan itu suatu hari akan tergantikan. Tapi berdasarkan studi, seperti drone yang dioperasikan tanpa pilot, ke depannya bisa jadi pesawat terbang sendiri.

10. Bartender
Tugas seorang bartender tampaknya tidak bisa digantikan karena mereka harus membuat minuman sesuai pesanan. Tapi beberapa perusahaan sudah menggunakan robot daripada manusia untuk melayani pelanggan. Ada profesi kamu juga diprediksi punah?

Kisah Sedih BartenderFoto: Istimewa

(ami/ami)