ADVERTISEMENT

Dear Overthinker, Lakukan 5 Cara Ini buat Usir Kebiasaan Overthinking

Inkana Izatifiqa R Putri - wolipop Jumat, 12 Agu 2022 10:08 WIB
Ilustrasi kesehatan mental. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Overthinking atau berpikiran secara berlebih kerap kali menghadirkan masalah pada kesehatan mental. Dampak besarnya bisa memberikan efek negatif pada kehidupan sosial, salah satunya selalu menanamkan kecurigaan pada orang-orang.

Jika dibiarkan, tentunya bisa merusak diri serta hubunganmu dengan orang lain bukan? Nah, agar kehidupan sosial dan mental tidak terganggu, maka kebiasaan tersebut harus bisa dikendalikan. Dilansir dari lifehack, berikut 5 cara mudah mengendalikan overthinking.

1. Berpikir Positif

Berpikir positif menjadi salah satu tips terbaik untuk membuat tenang pikiran sehingga tak mudah overthinking. Hindari hal-hal negatif yang membuat kamu khawatir dan akhirnya overthinking. Kamu bisa mulai berfokus pada semua hal positif dalam hidup untuk meningkatkan ketenangan. Misalnya biasakan bersyukur, berbuat baik, membayangkan masa depan yang baik, atau mulai dari berbicara hal baik pada diri sendiri.

2. Meditasi

Langkah lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba melakukan meditasi. Caranya pun mudah, carilah tempat yang cocok dan tenang untuk bermeditasi. Duduk dengan tegak, lalu cobalah untuk fokus dan tenangkan pikiran. Selanjutnya, fokus pada pernapasan dengan menarik napas dalam-dalam, kemudian hembuskan dengan cara perlahan. Bagi pemula, sebaiknya lakukan meditasi dengan durasi singkat.

3. Berlatih Memaafkan

Sering kali satu hal yang menjadi penyebab overthinking adalah kesalahan orang lain. Alih-alih memaafkannya, kamu justru memikirkan terus kesalahannya, bahkan berujung menjadi dendam. Padahal jika dibiarkan, hal ini bisa mempengaruhi kesehatan mental dan ketenangan jiwa kamu.

Untuk itu, sebaiknya berlatihlah memaafkan orang lain dengan cara mengungkapkan perasaanmu, perlahan menghilangkan rasa benci dan dendam, dan mencoba ikhlas. Di samping itu, pastikan juga kamu telah memaafkan diri sendiri. Hal ini tentu akan membuat diri kamu menjadi lebih tenang.

4. Berikan Waktu untuk Diri Sendiri

Tuntutan hidup yang terus datang silih berganti tentu terkadang membuat kamu stress hingga overthinking. Saat overthinking, tak ada salahnya untuk melakukan 'me time' atau memberikan waktu untuk diri sendiri. Lakukanlah hal-hal yang kamu senangi mulai dari makan malam di restoran favorit, traveling, nonton film, dan hal menyenangkan lainnya. Yang terpenting, selalu tanamkan pada diri kamu agar jangan takut atau malu untuk menghabiskan waktu dengan diri sendiri.

5. Kendalikan Rasa Cemas

Alih-alih cemas dengan masa lalu atau panik tentang masa depan, mulailah fokus dengan masa sekarang. Sebab, jika kamu fokus hidup di masa sekarang, rasa khawatir kamu tentang masa lalu dan masa depan akan sedikit berkurang. Meski demikian, kamu juga perlu mengendalikan rasa cemas kamu dengan solusi-solusi yang tepat.

Misalnya, jika kamu khawatir dengan masa depan, salah satu cara mengendalikan rasa cemas yakni dengan memastikan finansial tetap terjaga dengan aman dan terhindar dari beragam kejahatan. Apalagi saat ini telah banyak teknologi yang bisa kamu manfaatkan, seperti halnya dompet digital DANA.

Dompet digital DANA bisa menjadi solusi agar setiap transaksi kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya dengan memakai DANA, setiap transaksimu akan dilindungi dengan DANA Protection yang memiliki sistem keamanan berlapis PIN, Kode OTP & DANA Biz.

Selain itu ada juga fitur Pusat Resolusi yang sigap membantu kamu kapan pun dibutuhkan jika kamu mengalami kendala bertransaksi. Hebatnya, di fitur ini kamu bisa langsung melaporkan kendala yang kamu alami sekaligus mengecek progres penyelesaiannya. Pastinya dengan adanya kepastian ini, kamu bisa menghindari overthinking kan.

Yang paling bikin tenang lagi, di DANA juga ada Garansi 100% Uang Kembali sesuai syarat & ketentuan yang berlaku. Gak perlu cemas lagi uang bakal hilang saat bertransaksi deh.

Biar gak overthinking lagi, yuk coba ikuti pelan-pelan tips di atas. Jangan lupa juga untuk download & pakai aplikasi DANA sekarang ya biar kamu bisa Bebas Cemas & #BebasDrama.



Simak Video "Bedanya Cemas di Quarter Life Crisis dan Anxiety Disorder"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)