ADVERTISEMENT

Reporter China Mencoba Bunuh Diri Setelah Di-bully Netizen, Ini Sebabnya

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 22 Jul 2022 17:00 WIB
Zheng Ying Foto: Weibo
Jakarta -

Seorang jurnalis dan influencer bernama Zeng Ying menjadi sasaran di media sosial setelah membawakan berita mengenai kematian mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Reporter dari The Paper tersebut tampaknya tidak bisa membendung rasa haru ketika membacakan laporan terkait kontribusi sang politisi. Sayangnya hal tersebut malah mendatangkan kritikan hingga dilaporkan membuatnya mencoba bunuh diri.

Zeng Ying disebut melakukan percobaan bunuh diri setelah di-bully karena laporannya tentang Shinzo Abe. Ia disebut tidak patriotik karena terlihat bersimpati dengan mantan pemimpin dari negara lain. Wanita 32 tahun itu sendiri telah meminta maaf atas sikapnya yang dianggap banyak orang kurang pantas. Tapi tampaknya hujatan masih terus berdatangan hingga membuatnya tidak tahan lagi.

Dilansir South China Morning Post, keberadaan Zeng Yingkini tidak diketahui tapi sekertarisnya tidak mengelak laporan bahwa wanita itu mencoba bunuh diri beberapa waktu lalu. Dikatakan jika Zheng Ying memang mengalami sakit secara fisik dan psikologi yang cukup parah sejak sebelumnya.



Laporan bahwa Zeng Ying mencoba bunuh diri diungkap oleh temannya sendiri, Chen Lan. Chen disebut sempat mengunggah surat wasiat reporter itu di media sosial. Menurut tulisan tersebut, Zheng sudah mengalami depresi sejak 2018 tapi sejak Juli lalu keadaannya makin hingga mengganggu pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Hal itu tampaknya terjadi setelah ia diserang netizen karena laporan tentang Abe.

"Aku telah menjalani kehidupan yang baik, aku baru berusia 30an, selain menikah dan punya anak, aku telah mengalami semuanya," tulisnya.

Dikatakan jika beberapa minggu ini Zeng Ying menjadi target cyberbullying dari para nasionalis China. Videonya menangis ketika livestreaming membacakan laporan tentang Abe sendiri jadi viral dan sudah dilihat lebih dari 800 ribu kali. Ia bahkan disebut tidak profesional dan pengkhianat oleh netizen. Kondisi terbaru Zeng Ying saat ini sayangnya belum diketahui.

Zheng YingZheng Ying Foto: Weibo

Informasi dalam artikel ini tidak ditujukan untuk menginspirasi kepada siapa pun untuk melakukan tindakan serupa. Bagi Anda pembaca yang merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental.

(ami/ami)