ADVERTISEMENT

Ini 7 Soft Skill yang Paling Dicari Perusahaan Saat Melihat CV Pelamar

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 22 Jul 2022 11:00 WIB
Ilustrasi wanita karier Foto: Shutterstock
Jakarta -

Ketika melamar pekerjaan penting untuk mempromosikan diri dengan maksimal agar paling tidak 'dilirik' perusahaan. Salah satu caranya adalah dengan memastikan bahwa kamu terlihat benar-benar potensial dan tak sekadar punya ijazah. Karena itu, penting untuk menuliskan soft skill yang dikuasai dalam CV, surat lamaran, atau profil LinkedIn.

Saat mencari kandidat, seorang manajer atau staf HRD biasanya memiliki sejumlah kriteria yang harus terpenuhi. Selain pengalaman dan IPK, ternyata banyak juga yang lebih mengutamakan soft skill. Menurut laporan The Job Market Outlook for Grads, sebanyak 93% rekuiter mengaku kemampuan umum di luar pendidikan itu justru menjadi penentu saat memilih pegawai baru.

Apa saja soft skill yang harus dimiliki agar cepat diterima kerja? Dikatakan jika kemampuan komunikasi masih menjadi yang paling penting dan dasar.

"Aku bisa bilang secara umum komunikasi adalah yang tertinggi dalam daftar sekarang mengingat bagaimana orang bekerja di situasi yang bisa sangat berbeda, situasi hybrid,' kata Kristen Kelley selaku chief marketing officer di CareerBuilder dilansir CNBC.

Sebelum kamu menunjukkan kebolehan dalam berbicara yang jelas, sopan, dan profesional saat wawancara, rekruiter biasanya melihat kemampuan komunikasi pelamar dari cara menulis dan membalas email. Karena itu, pastikan saja kamu menjawab pertanyaan calon bos atau manajer dengan bahasa yang baik dan responsif.

Hal lain yang juga penting dalam berkomunikasi adalah tahu cara berbicara dengan berbagai macam orang. Kemampuan itu penting untuk sebuah perusahaan besar, apalagi jika jabatan yang kamu lamar cukup tinggi. "Kamu harus bekerja dengan berbagai jenis orang yang mana kamu harus bisa berkomunikasi secara efektif dengan semua," tambah Kristin.

Soft skill lain yang ternyata penting dimiliki untuk mendapat pekerjaan di zaman ini adalah fleksibilitas. Para kandidat diharapkan bisa bekerja di berbagai kondisi. Karena itu, penting juga untuk menekankan bahwa kamu dapat bekerja di rumah atau di kantor atau di mana pun jika dibutuhkan.

Berdasarkan ZipRecruiter, berikut tujuh soft skill yang paling dicari perusahaan saat melihat CV pelamar:

1. Kemampuan komunikasi
2. Kemampuan melayani pelanggan
3. Kemampuan mengatur waktu
4. Kemampuan mengatur proyek
5. Kemampuan berpikir kritis
6. Kemampuan bekerja mandiri
7. Fleksibilitas

(ami/ami)