ADVERTISEMENT

TKW Blitar Jadi YouTuber Viral, Sukses di Hongkong Kini Tinggal di Kanada

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 19 Jul 2022 06:00 WIB
Pasangan Youtuber viral Nikmatul Rosidah dan Paul Dobson. Rumah pasangan Nikmatul dan Paul di Kanada. Foto: Dok. Instagram @nikmatulrosidah.
Kanada -

Penikmat YouTube bisa jadi akrab dengan sosok Nikmatul Rosidah, TKW asal Blitar yang sukses jadi YouTuber. Wanita kelahiran 1981 itu mulai aktif membuat video di Youtube sejak 2013.

Dia membuat daily vlog mulai dari jalan-jalan, masak hingga kuliner. Konsisten mengunggah video soal kesehariannya, Nikmatul Rosidah kini memiliki lebih dari 1,7 juta subscriber YouTube.

Saking populernya Nikmatul, kontennya kerap viral. Dia bahkan diwawancara oleh media asing, khususnya media yang banyak dibaca di Hong Kong, kota tempat Nikmatul Rosidah bekerja sebagai TKW hingga menikah dengan pria asal Kanada, Paul Dobson.

"Keempat kali wawancara langsung dengan Journal di Hong Kong. Pertama dengan South China Morning Post (SCMP), terus Xinhua News lanjut dengan Apple Daily yang sudah hilang dari media Hongkong (bikin sedih sekali). Dan hari ini tanggal 20 Juli 2022 masuk di koran Ming Pao daily yang wawancara dari bulan lalu. Saat ini kami sudah 5 hari berada di Edmonton Canada untuk tinggal selamanya," tulis Nikmatul pada salah satu unggahannya di Instagram.

Nikmatul Menikah dengan Bule dan Kini Tinggal di Kanada

Dalam wawancara dengan Wolipop, Nikmatul menceritakan awal mula perkenalannya dengan sang suami, Paul Dobson. Momen itu terjadi saat dia dan teman-temannya tengah jalan-jalan di bandara Hong Kong.

Saat itu dia bekerja sebagai babysitter yang bertugas menjaga anak usia 1 dan 5 tahun. Sedangkan Paul Dobson aktif bekerja sebagai guru.

Setelah satu tahun bekerja, Nikmatul Rosidah memutuskan untuk pulang ke Indonesia karena gaji yang ia tak sebanding dengan pekerjaannya, menjaga anak, masak hingga mengantar anak sekolah dengan sepeda. Bagaimana kisah cinta Nikmatul Rosidah dan Paul Dobson selanjutnya? Cerita selengkapnya KLIK DI SINI.

Pasangan Youtuber viral Nikmatul Rosidah dan Paul Dobson.Pasangan viral, Paul Dobson dan Youtuber Nikmatul Rosidah. Foto: Dok. Youtube Nikmatul Rosidah.

Nikmatul saat ini sudah tidak tinggal di Hong Kong. Berkat kesuksesannya sebagai YouTuber, mantan TKW itu bisa membangun rumah impiannya di kampung halaman suami di Kanada. Dia memperlihatkan rumah yang dibangun sejak 2020 itu di unggahan Instagramnya.

"Mengimpikan rumah dengan bangun pilihan sendiri dan akhirnya terwujud walau semua melalui online dari tahun 2020 dan hampir setahun sudah hampir selesai. Bisa lihat rumah yg kami bangun ini juga minta bantuan dari YouTuber orang Indonesia di sana," tulis wanita yang akrab disapa Mbak Nik itu.

Pasangan Youtuber viral Nikmatul Rosidah dan Paul Dobson.Berita tentang kisah sukses Nikmatul Rosidah. Foto: Dok. Instagram @nikmatulrosidah.

Wanita yang berasal dari desa di Wlingi, Blitar, Jawa Timur itu mengungkapkan bisa membeli rumah di Kanada berkat gaya hidup sederhana. "Berkat gaya Hidup sederhana yang ngandelin gaji dari suami yang jadi Guru di Hongkong. Yah walau di kota dingin yg katanya property gak mahal di banding provinsi kota besar lainnya harus tetep di syukuri karena ini adalah pilihan hidup kita," jelasnya.

Melalui unggahan video di YouTube, Nikmatul memperlihatkan detail rumahnya. Dia mengaku membeli perlengkapan rumah seperti sofa dan tempat tidur dari Vietnam dan Indonesia.

Nikmatul dan Paul menceritakan alasan memilih tempat tinggal di Kanada. Keduanya sepakat untuk menetap di Edmonton, Alberta, Kanada.

"Kita mau Kanada yang agak bagian barat. Kita pilih Alberta karena provinsinya indah, ada gunung dan danau. Di Alberta ini kami ada 2 kota untuk memilih yaitu Calgary dan Edmonton. Intinya kami tinggal di Edmonton itu karena universitasnya. Memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk masa depan anak-anak," kata Paul dalam bahasa Inggris.

Anak  Nikmatul Rosidah dan Paul Dobson, Daniel Soekarno (15), Cassandra Kartini (14) dan Carissa Sartika (10).Anak Nikmatul Rosidah dan Paul Dobson, Daniel Soekarno (15), Cassandra Kartini (14) dan Carissa Sartika (10). Foto: Dok. Youtube Nikmatul Rosidah.

"Setelah memilih kota kami mencari area perumahannya yang tidak terlalu dekat juga tidak terlalu jauh dari universitas. Sebelum mengambil keputusan kami belajar banyak dari Google dan baca-baca berita kota setempat. Nonton juga di Youtube tentang kota itu," lanjut Nikmatul.

Pernikahan Nikmatul dan Paul dikaruniai tiga orang anak, Daniel Soekarno (15), Cassandra Kartini (14) dan Carissa Sartika (10). Ia bertanya kepada ketiga anak-anaknya ketika ingin pindah ke Kanada.

"Aku rasa tidak keberatan, karena aku sudah tahu cepat atau lambat akan terjadi," kata Daniel.

Pasangan Youtuber viral Nikmatul Rosidah dan Paul Dobson.Rumah pasangan Youtuber viral Nikmatul Rosidah dan Paul Dobson di Kanada. Foto: Dok. Instagram @nikmatulrosidah.

"Aku rasa sangat tertarik, karena saat itu aku sudah bosan tinggal di tempat yang sempit. Saat aku kelas 4 aku rasa jenuh tingggal di Hongkong (saat pandemic). Saat itu aku rasa suka liburan ke Kanada. Tapi kita ke Kanada itu bukan untuk liburan tapi pindah. Sebab aku suka rumah yang besar. di Hongkong saya tidak punya kamar sendiri," ucap Carissa yang berada di samping Daniel.

Kini tak lagi bekerja menjadi TKW dan menikmati rumah baru di Kanada hasil kerja kerasnya, Nikmatul Rosidah tetap konsisten nge-vlog soal kesehariannya. Misalnya saja konten pembangunan halaman rumahnya yang ditonton hingga dua ratusan ribu kali hingga momen Nikmatul bersepeda di persawahan Kanada. Apakah kamu termasuk penonton YouTube Nikmatul?

(gaf/eny)