ADVERTISEMENT

Mantan Aktris Tewas Saat Ikut Perang Lawan Rusia, Begini Kronologinya

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 08 Jul 2022 09:08 WIB
Thalita do Valle Foto: Dok. TikTok
Jakarta -

Seorang model dan mantan aktris asal Brazil sempat bergabung dengan pasukan Ukraina untuk melawan Rusia. Nahas, wanita bernama Thalita do Valle tersebut terkena serangan rudal yang menewaskannya. Keluarga Thalita telah angkat bicara mengenai kepergian orang tersayang mereka yang dikenal suka melakukan aksi kemanusiaan. Dikatakan jika ia meninggal karena bunker yang terbakar.

Thalita do Valle adalah wanita yang jago menembak dan sering mengikuti pelatihan dengan pasukan tentara. Sebelum ikut perang, Thalita berprofesi sebagai model dan aktris di masa mudanya. Setelah tak aktif di dunia hiburan, ia lanjut kuliah di jurusan hukum dan aktif dalam berbagai aksi amal, termasuk penyelamatan binatang.

Tiga minggu lalu, Thalita bergabung dengan pasukan Ukraina. Sebelumnya, ia terlihat menjalani latihan menembak dengan pasukan militer bersenjata Peshmerga dari wilayah independen Kurdistan di Irak. Thalita juga diketahui sedang bekerja sama dengan seorang penulis yang ingin menjadikan pengalamannya ikut perang untuk dituangkan dalam buku.

@thazinhaaaaaaaaaa

Sayangnya pada 30 Juni lalu, Thalita do Valle menghembuskan napas terakhirnya di usia 39 tahun ketika Rusia menyerang dengan rudal ke kawasan Kharkiv di mana bunkernya berada. Saudara Thalita, Theo Rodrigo Viera, mengatakan jika penyebab kematian saudarinya adalah ia tidak bisa bernapas karena terkepung dalam bunker setelah terpisah dari rekan-rekannya.

"Terjadi serangan dan batalion terpisah. Thalita pergi ke bunker. Ketika itu sudah terjadi kebakaran dan bunker tertutup ketika dia masuk ke dalam. Temannya berusaha menyelamatkannya di interval di antara pemboman dan akhirnya tewas. Thalita meninggal karena sesak napas, dia tidak terkena pecahan peluru," katanya dilansir Daily Mail.

Theo mengatakan jika wanita tersebut adalah sosok pahlawan karena suka membantu dan bergabung dalam misi kemanusiaan. Selama di Ukraina, tugasnya adalah menjadi penyelamat dan penembak. Dikatakan jika wanita berambut pirang itu juga bertanggung jawab untuk memberi perlindungan dari pasukan Rusia yang menyerang.

@thazinhaaaaaaaaaa

"Thalita selalu terlibat dalam misi kemanusiaan di beberapa wilayah asing di beberapa negara atau di Brazil. Dia selalu tergerak untuk menyelamatkan hewan dan manusia. Saudariku adalah orang yang selalu damai, benar-benar progresif.

Pia tersebut menjelaskan saudarinya bukan orang yang suka kekerasan atau senjata tapi ia hanya ingin menyelamatkan orang. "Senjata adalah bagian dari konteks, perang, tapi dia menyelamatkan nyawa, dia menyelamatkan binatang. Dia tidak pernah mendorong anak muda untuk bersenjata. Dia adalah orang yang cinta damai," jelas Theo.

(ami/ami)