Kisah Para Artis yang Pernah Jadi ART, Farida Nurhan Hingga Ely Sugigi

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 07 Jun 2022 09:15 WIB
farida nurhan Foto: Instagram @farida.nurhan
Jakarta -

Setiap selebriti memiliki kisahnya masing-masing sebelum berhasil meraih kesuksesan dan popularitas. Beberapa bahkan mengawali pekerjaan dengan profesi tidak terduga yang jauh dari dunia hiburan. Sejumlah artis dan YouTuber mengaku pernah jadi asisten rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Berikut kisah lima artis yang sempat bekerja sebagai pembantu sebelum sukses jadi publik figur.

Farida Nurhan

farida nurhanfarida nurhan Foto: Instagram @farida.nurhan

Farida Nurhan kini dikenal dengan konten kulinernya. Sebelum jadi YouTuber, tak disangka wanita tersebut pernah menjadi asisten rumah tangga. Ia bahkan sampai mengadu nasib ke luar negeri sebagai TKW di Singapura dan Hong Kong sejak berusia 18 tahun. Wanita yang akrab disapa Omay itu juga diketahui pernah bekerja dengan ibu Livy Renata.

Kini Farida adalah salah satu food blogger paling dikenal. Tak hanya hidupnya yang berubah, penampilan wanita 39 tahun yang sudah memiliki cucu itu juga semakin menawan setelah menjalani operasi di bagian hidung dan kantong mata.

Elly Sugigi

Elly SugigiElly Sugigi Foto: Dok. Instagram Elly Sugigi

EllySugigi diketahui merintis kariernya dari bawah. Selain jadi koordinator penonton bayaran, wanita yang dikenal lewat program musik 'Dahsyat' tersebut juga pernah jadi ART selama 12 tahun.

Ketika itu, Elly harus banting tulang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya selagi suami mantan bekerja serabutan. Hidupnya pun berubah setelah mencoba ikut audisi acara lenong. Meski gagal, ia ditawari jadi koordinator penonton di acara-acara televisi yang melambungkan namanya. Kini Elly sudah menjadi artis yang sering tampil di berbagai acara dan menerima endorsement di media sosialnya.

Evi Masamba

evi masambaevi masamba Foto: Instagram Evi Masamba

Pedangdut ini memiliki kisah hidup yang cukup pilu sebelum meraih kesuksesan. Ketika kecil, Evi Masamba yang dirawat oleh nenek setelah orang tuanya berpisah harus putus sekolah karena kurang biaya. Sejak kecil artis asal Sulawesi itu pun sudah bekerja sebagai pengasuh dan pembantu rumah tangga.

Beranjak dewasa, Evi yang memiliki suara emas tersebut mengikuti ajang pencarian bakat. Ia kemudian menjadi juara yang melambungkan namanya di dunia dangdut dan hiburan.

Cinta Penelope

Cinta Penelope saat ditemui di studio Trans TV.Cinta Penelope saat ditemui di studio Trans TV. Foto: Palevi S/detikFoto

Pedangdut lain yang juga sempat mengalami hidup susah adalah Cinta Penelope. Penyanyi 'Keong Racun' tersebut juga pernah mencicipi profesi asisten rumah tangga selama dua tahun. Ketika itu, ia bahkan pernah beberapa bulan tidak dibayar

Selain jadi ART, wanita berhijab itu juga pernah berjualan kue dan jadi musisi jalanan. Setelah tenar sebagai penyanyi dangdut, Cinta Penelope sempat melebarkan sayapnya dengan membintangi beberapa film. Wanita yang menikah dengan pria Turki itu diketahui sedang berada di Prancis.

Dina Duo Sabun Colek

Duo Sabun ColekDuo Sabun Colek Foto: Dok. Detik

Duo Sabun Colek adalah grup dangdut yang berdiri sejak 2013. Salah satu personelnya Dina pernah punya pengalaman sebagai PRT dan TKW. Dua tahun bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Indonesia, ia lalu memutuskan untuk pergi ke Hong Kong karena gajinya lebih tinggi.

Ketika sedang menonton konser Wali di sana, Dina ditawari manajer grup tersebut untuk menjadi artis. Singkat cerita, ia kemudian membuat duo bersama Kiki setelah pulang ke Indonesia.

(ami/ami)