ADVERTISEMENT

Sering Bimbang? Ingat 5 Hal Penting Ini dalam Tentukan Keputusan

Dea Duta Aulia - wolipop Jumat, 20 Mei 2022 17:02 WIB
Ilustrasi Tujuan Hidup Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Setiap orang pasti pernah mengalami perasaan bimbang dalam menentukan suatu pilihan. Apalagi jika sedang dihadapkan pada banyak pilihan dan risiko besar. Membuat keputusan akan semakin tidak mudah dilakukan.

Perasaan bimbang kadang lumrah terjadi dalam kehidupan sehari-hari, baik dari hal kecil hingga besar. Misalnya dalam menentukan makanan, pakaian, jurusan kuliah, hingga layanan keuangan digital yang saat ini marak ditawarkan oleh banyak perusahaan teknologi. Solusinya, kamu mungkin akan memerlukan bantuan pendapat orang lain.

Jika kamu salah satu yang kerap merasa bimbang saat menentukan pilihan, berikut adalah tips agar kamu dapat membuat keputusan secara tepat.

Jangan Terburu-buru Menentukan Keputusan

Terburu-buru kerap mengantarkan seseorang pada pilihan yang salah. Imbasnya rasa nyesal pun akan muncul setelah keputusan ditentukan.
Untuk itu berpikir secara matang dan tidak terburu-buru merupakan hal yang perlu dilakukan sebelum kamu membuat keputusan. Usahakan kamu menimbang secara macam risiko dan keuntungan dari setiap pilihan.

Kumpulkan Fakta

Melakukan riset atau mengumpulkan fakta merupakan salah satu cara ampuh untuk mempermudah seseorang dalam mengambil keputusan. Sebab dengan sejumlah ilmu dan informasi memadai maka secara psikologi seseorang bisa mendapatkan gambaran terkait keuntungan dan kerugian dari setiap keputusan yang akan dipilih.

Kendalikan Emosi

Selain dua hal tersebut, mengendalikan emosi sebelum membuat suatu keputusan merupakan hal yang harus dilakukan.
Apalagi jika seseorang dalam kondisi marah, menentukan suatu keputusan bukan merupakan waktu yang tepat. Ketika marah, kamu berpotensi mengambil keputusan yang nekat tanpa mempedulikan bahaya dari risiko yang akan dihadapi.

Hal serupa pun perlu dihindari ketika sedang dalam kondisi bahagia. Sebab ketika seseorang yang merasa bahagia maka semangat dalam diri akan meningkat drastis. Efek negatifnya semangat tersebut kerap mengaburkan risiko dari setiap keputusan yang akan diambil.

Tentukan Waktu yang Tepat

Menentukan waktu yang tepat dalam membuat keputusan menjadi permasalahan tersendiri bagi banyak orang. Namun sejumlah penelitian menyebutkan, waktu yang tepat dalam menentukan suatu keputusan yakni ketika pikiran sedang dalam kondisi rileks.

Meminimalisir Risiko

Meminimalisir risiko adalah salah satu hal yang wajib dipertimbangkan ketika menentukan suatu keputusan. Apalagi jika keputusan tersebut terkait dengan pemilihan produk layanan keuangan digital maka aspek ini tidak boleh terlewat.

Meskipun saat ini banyak produk keuangan digital yang ditawarkan, usahakan kamu memiliki layanan yang mampu memberikan rasa aman lebih seperti dompet digital DANA.

DANA Bebas CemasFoto: DANA

Dompet digital DANA bisa membuat para penggunanya Bebas Cemas & #BebasDrama saat transaksi. Pasalnya, DANA telah dilengkapi dengan dengan fitur safety & security DANA Protection yang menjamin keamanan transaksimu dengan sistem keamanan berlapis yang canggih, dan dinamis.
Misalnya saat kamu sedang melakukan pembayaran, transaksimu akan selalu dilindungi dengan keamanan PIN DANA, Kode OTP & DANA Viz. Dengan perlindungan berlapis ini, pastinya transaksimu jadi lebih aman.

Saat terjadi kendala, DANA juga siap membantumu kapan pun kamu butuh. Kamu bisa memanfaatkan fitur Pusat Resolusi 24/7 di DANA, yang memungkinkanmu untuk menghubungi langsung DANA Customer Care 24 Jam, sekaligus memantau langsung laporan kendalamu & progress penyelesaiannya.

Yang bikin tenang & gak bimbang lagi, DANA juga memberikan garansi 100% uang kembali untuk setiap transaksimu, sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku. Gimana, bikin Bebas Cemas banget kan? Biar kamu bisa tenang & gak bimbang, yuk mulai download & pakai DANA sekarang!

(ncm/ega)