ADVERTISEMENT

4 Cara Sederhana untuk Ubah Kehidupan Jadi Lebih Baik

Inkana Izatifiqa R Putri - wolipop Jumat, 13 Mei 2022 13:36 WIB
Full length of young woman exercising with kettlebell on hardwood floor. Beautiful female is doing workout in domestic room at home. She is sports clothing. Foto: Getty Images/Stígur Már Karlsson /Heimsmyndir
Jakarta -

Di usia yang sudah memasuki fase proses pendewasaan, biasanya hidup akan dihadapi dengan berbagai tantangan, tekanan, dan tanggung jawab yang lebih berat daripada sebelumnya. Hal-hal ini bahkan tak jarang membuat banyak orang merasa lebih capek, bahkan malas.

Jika dulu rasanya tenaga selalu terisi penuh, di masa ini, ngumpul bareng teman sebentar saja rasanya sudah bisa menguras tenaga. Bahkan, nggak jarang weekend pun tubuh inginnya istirahat dan tidur seharian.

Kondisi ini sebenarnya normal lantaran sehari-hari kamu sudah disibukkan dengan kerjaan, ditambah banyak hal yang harus dipikirkan juga seperti tagihan, cicilan, dan lainnya. Hal-hal inilah yang membuat tenaga cepat terkuras. Bahkan, kesibukan ini tak disadari membuat kamu lupa dengan diri sendiri untuk sadar pentingnya kesehatan dan luangin waktu untuk olahraga.

Meski demikian, mulai mementingkan diri dan memulai kebiasan lebih baik menjadi hal yang penting. Sebab, bermalas-malasan lantaran kelamaan rebahan dan kurang gerak pun nggak baik untuk tubuh. Bahkan, aktivitas ini justru membuat tubuh jadi semakin malas dan lebih gampang sakit. Agar terhindar dari kebiasaan buruk ini, kamu bisa coba mulai lakukan-hal-hal sederhana seperti berikut.

1. Bangun Pagi

Memulai kebiasaan baik bisa dari hal yang sederhana, salah satunya kamu bisa usahakan bangun pagi dari biasanya. Sesibuk apapun kalau bisa jangan sampai kamu begadang hingga larut malam. Pasalnya, berdasarkan hasil studi Jurnal JAMA Psychiatry, bangun satu jam lebih pagi dapat mengurangi risiko seseorang terkena depresi berat sebesar 23%. Nggak cuma itu, bangun lebih pagi juga membuat kamu punya waktu untuk olahraga sebelum beraktivitas.

2. Olahraga

Olahraga di pagi hari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, olahraga juga dapat meningkatkan energi, mood dan daya kerja otak. Jadi, ada baiknya kamu meluangkan waktu sebentar untuk olahraga sebelum beraktivitas. Dengan begitu, kamu bisa jadi lebih produktif menjalani hari-hari.

3. Lakukan Hobi Baru

Selain bangun lebih pagi dan olahraga, kamu juga bisa memulai hobi baru yang sebelumnya belum pernah dicoba. Hobi baru tentunya akan memberikan kamu perspektif baru. Tak hanya itu, menjalani hobi baru juga bisa membuat kamu tergabung ke komunitas baru yang tentunya bikin hidup jadi lebih positif.

Misalnya, kamu bisa coba belajar memasak resep baru, sepedaan, atau ikut kerja bakti di lingkungan. Pokoknya, selama kegiatan itu positif dan baik, bisa naikin mood dan bikin happy, kamu bebas melakukannya. Sebab, dari aktivitas itu kamu bisa nemuin goals baru.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Kebiasan yang tak kalah penting adalah mengonsumsi makanan bergizi. Mengingat makanan bergizi akan berdampak terhadap kesehatan kamu. Nah, buat kamu yang nggak sempet makan makanan yang bergizi karena waktu yang terbatas, kamu bisa coba Supermi Nutrimi Rasa Steak Ayam.

Supermi Nutrimi ini adalah mi pilihan yang lebih sehat yang mi-nya dibuat dengan brokoli. Bukan hanya itu, Supermi Nutrimi Rasa Steak Ayam juga dibuat tanpa pengawet dan penguat rasa. Rasa Steak Ayamnya enak dan gurihnya dari kaldu jamur, buatnya juga praktis dan mudah, jadi nggak memakan banyak waktu.

(ncm/eny)