Tren Warna 2022 untuk Rumah, Cocok Buat Work from Home

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 10 Des 2021 14:00 WIB
Rumah dengan Tren Warna 2022 Tema warna 'Bright Skies' jadi tren warna 2022 versi Dulux. (Foto: Dok: Dulux/Akzo Nobel)
Jakarta -

Berencana mengganti warna cat rumah dalam waktu dekat? Kalau begitu, tak ada salahnya Anda melirik tren warna 2022 sebagai referensi untuk hunian.

Untuk tahun depan, Bright Skies dikukuhkan sebagai 'Colour of the Year 2022' oleh merek cat internasional Dulux. Seperti namanya, Bright Skies terinspirasi oleh warna biru langit yang segar dan cerah.

Pemilihan tren warna 2022 tersebut tak lepas dari dinamika kehidupan yang dipicu oleh pandemi COVID-19. Setelah hampir 18 bulan beradaptasi dengan berbagai perubahan, dunia mulai bangkit dari keterpurukan dan ketidakpastian.

Rumah dengan Tren Warna 2022Rumah dengan tren warna 2022 'Bright Skies'. (Foto: Dok: Dulux/Akzo Nobel)

Warna sebagai elemen penting dalam desain pun memiliki peranan besar untuk merangsang ide-ide kreatif dan segar untuk menyongsong masa depan dengan optimis. Bright Skies dengan biru langit sebagai warna utamanya merepresentasikan spirit tersebut.

Adapun Bright Skies terbagi lagi menjadi empat palet warna, yakni Workshop, Greenhouse, Studio dan Salon. Masing-masing palet menawarkan kombinasi warna yang dapat disesuaikan dengan selera penghuni atau fungsi ruangan.

"Tema warna 2022 mewakili apa yang kami yakini, nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas di dalam rumah, terkoneksi dengan alam, berkontemplasi hingga tercipta ide-ide kreatif, dan terbuka terhadap inspirasi yang lebih segar," kata Heleen van Gent, Creative Director Global Aesthetic Center di AkzoNobel saat peluncuran 'Colour of the Year 2022' secara virtual, Kamis (9/12/2021).


Mande Austriono, principal architect di DFORM, mengatakan fungsi rumah mengalami perubahan secara signifikan karena pandemi. Seluruh aktivitas kini terpusat di rumah setelah imbauan bekerja di rumah atau work from home (WFH) menjadi tren.

"Efek pandemi lumayan mengubah mindset orang dalam hal desain rumah. Satu ruangan bisa untuk berbagai macam aktivitas. Sekarang hampir semua klien saya, mau ada ruang kerja dan play-room di dalam rumah," katanya.

Ia pun tak memungkiri betapa krusialnya peran warna untuk rumah. Menurut Mande, warna memiliki tiga fungsi utama: estetika, manipulasi dan psikologis.

Dalam hal estetika, warna ada agar rumah tak terasa monoton sekaligus menaikkan nilai bangunan. Sementara itu, manipulasi berkaitan dengan fungsi warna untuk menciptakan kesan tertentu.

Adapun fungsi warna terhadap psikologi berkaitan dengan rasa yang timbul. Entah itu rasa nyaman, bahagia atau ketenangan setelah melihat warna tertentu.

Pemilihan warna-warna cerah seperti biru langit baik sebagai warna utama ataupun sekadar aksen, kata Mande, dapat mengakomodasi perubahan fungsi rumah, khususnya dari tempat beristirahat menjadi 'kantor' karena tren work from home.

Rumah dengan Tren Warna 2022Salah satu contoh aplikasi warna biru langit dari tren warna 2022 'Bright Skies' versi Dulux untuk ruang kerja. (Foto: Dok: Dulux/Akzo Nobel)

Efek Warna Biru untuk Kesehatan Jiwa

Reza Gunawan, seorang praktisi kesehatan holistik dan self-healing, menyoroti efek warna biru terhadap psikologis seseorang. "Biru cenderung menenangkan, bisa merendahkan detak jantung, dan bisa meningkatkan fokus," katanya di kesempatan yang sama.

Ia juga mengungkit sebuah penelitian soal relasi warna biru dan kesehatan mental manusia. "Ada penelitian menarik di Jepang. Di sana banyak kasus bunuh diri yang terjadi di lintasan kereta. Para peneliti kemudian menginstalasi lampu berwarna biru di beberapa titik stasiun dan memonitorinya selama 10 tahun. Terungkap, kasus bunuh diri di lintasan kereta turun 84 persen," ungkap Reza.



Simak Video "Pangeran Harry Takut Bawa Anak-anaknya ke Inggris, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)