Liputan Khusus Ide Bisnis Ramadan

Jualan Hampers Kue, Wanita Ini Raup Cuan Selama Bulan Puasa

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 10 Apr 2022 10:00 WIB
Ilustrasi Kue Kering Ide bisnis Ramadan, hampers kue Lebaran. Foto: Dok. Shutterstock
Bogor -

Salah satu tradisi yang biasanya dilakukan selama bulan Ramadan adalah saling mengirimkan hampers. Hampers dalam istilah Bahasa Inggris adalah sebuah keranjang yang terbuat dari anyaman, biasanya sebagai kemasan barang atau makanan.

Hampers bersifat personal dan memiliki kartu ucapan untuk menyampaikan pesan. Seiring berjalannya waktu, isi hampers pun beragam, selain makanan, hampers kini bisa berisi barang seperti alat salat hingga perlengkapan kebersihan untuk menunjang kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Mengirimkan hampers menjadi tren tersendiri saat pandemi COVID-19 melanda negeri ini. Karena tidak bisa bertatap muka langsung untuk silaturahmi, mengirimkan hampers menjadi pengganti. Menjual hampers pun bisa menjadi salah satu ide bisnis saat Ramadan.

Seperti yang dilakukan Brilian Jane. Dia menangkap peluang bisnis dari tren mengirimkan hampers. Dia membuat hampers chocholate chip dengan berbagai varian topping. Jane mencoba resep dari sang ayah, yang hobi membuat kue dan makanan barat.

"Awal membuat hampers tahun 2020, tadinya karena iseng aku mau membuat camilan di rumah pakai resep dari papa aku. Dari kecil jajan di luar dan sering bikin di rumah, bahkan yogurt aja bikin. Waktu itu kepikiran temen pada suka dan membawa pulang ke rumah, terus aku mulai jualan," kata Jane kepada Wolipop, Jumat (8/4/2022).

Jane awalnya membuat hampers kue untuk Lebaran mulai dari sereal, almond, banana cake dengan mascarpone atau ice cream dan chiffon cake. Setelah itu, ia berinovasi membuat chocolate chip yang dibungkus dengan kotak khusus untuk hampers di Instagram @lala.local. Harga hampers chocholate chip Rp 60 ribu untuk 200 gram. Selain itu Jane juga membuat mini bite brownies lewat stoples atau jar, harganya sekitar Rp 125 ribu per jar.

Wanita yang tinggal di Bogor, Jawa Barat itu juga membuat aneka ragam kue yang bisa dijadikan hampers. Mulai dari sagu keju, kastangel, putri salju dan nastar berukuran 250 gram dan 500 gram. Dari berbagai hampers yang dibuatnya, yang paling diminati pembeli adalah yang ukurannya kecil.

"Jenis hampers yang diminati cookies yang berukuran kecil, seperti nutella almond, chocolate hersey chew nut. Satu orang bisa order 10-20 pack untuk hampers," sebut Jane.

Hampers kue Lebaran Jane laris manis terjual hingga pernah bekerja sama pada tahun 2021 dengan coffee shop ternama, salah satunya Kopi Nako, Bogor. Dalam menjual hampers, Jane memperbolehkan pelanggannya untuk memilih isinya.

Bisnis menjual hampers ini menurut Jane sangat bisa menjadi ide bisnis Ramadan. Dia sendiri sudah merasakan cuannya bisnis hampers saat Ramadan ini.

"Modal awal sekitar Rp 500 ribu karena sistemnya pre order dan ready stock. Omzetnya sekitar Rp 5-7 juta, itu belum sampai akhir bulan. Tahun 2020 pernah sampai belasan juta bahkan sampai bisa buat bayar biaya melahirkan," terangnya.

Kendala bisnis kue selama Ramadan, menurut Jane, dia pernah kesulitan saat bahan baku harganya melonjak dan sulit ditemui di pasaran. Sehingga ia sempat tidak memproduksi chocholate chip.

"Karena aku memakai chocho chip dan cokelat bubuk herbs. Aku nggak mau menurunkan kualitas dengan pakai cokelat bubuk lain, pasti rasanya akan beda. Jadi, sempat sedih banget banyak pesanan tapi belum bisa bikin," jelasnya.

Untuk pengiriman hampersnya, Jane menggunakan jasa pengiriman melalui sepeda motor dan ojek online. Bagi pelanggan yang berada di luar Bogor, ia menggunakan jasa pengiriman khusus makanan yang estimasi satu hari sampai dan juga ekstra lapisan bubble warp.

Agar tidak keteteran menjelang Hari Raya, Jane sudah membuka open pre order hampers jauh sebelum Lebaran tiba. "Aku buka di awal Ramadan ini sering terjadi kalau sudah close PO, kalau bikin dua pack itu tidak bisa kalau misalnya sekitar 20 pack baru bisa. Karena semua bahan bisa dibuat sekitar 30 pack," tuturnya.

Ramadan 2022 ini Jane sudah membuka pre order hampers. Dia telah mendapatkan pesanan dari 14 orang dengan total 58 pax hampers.

(gaf/eny)