10 Ide Jualan Bulan Puasa, Minim Modal Bisa Datangkan Banyak Keuntungan

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 09 Apr 2022 08:00 WIB
Pasar Takjil Simpang Enam Masjid Al Husna Kisaran, Asahan. Kuenya dibuat janda jamaah masjid dan dijual oleh remaja masjid. Ide jualan bulan puasa. Foto: Perdana Ramadhan / detikcom
Jakarta -

Bulan Ramadan bukan hanya bisa mendatangkan banyak pahala tapi juga rezeki. Selama bulan suci, cukup banyak sumber penghasilan tambahan yang bisa kamu dapatkan. Kamu yang sedang berpikir ingin buka usaha selama tiga minggu ke depan, belum terlambat untuk mengumpulkan ide jualan bulan puasa. Berikut rekomendasi ide jualan bulan puasa yang minim modal tapi bisa datangkan banyak keuntungan.

Makanan/minuman buka puasa

Sedang berpikir ide jualan makanan bulan puasa 2022? Yang paling mudah dan berpotensi laris adalah terkait makanan atau minum buka puasa.

Kamu bisa memilih yang takjil yang mudah dijual di gerai pinggir jalan, seperti gorengan, kue pasar, cilok, kolak, atau pisang goreng, dan lain-lain. Bisa juga berjualan jenis makanan yang bisa disimpan dalam waktu lebih lama, seperti kurma, keju aroma, atau roti goreng. Sedangkan untuk minuman, beberapa rekomendasinya seperti, es buah, es kelapa hijau, es cappuccino, es semangka, dan lainnya

Katering Sahur

Kamu yang jago masak atau sudah punya usaha kuliner, bisa mempertimbangkan usaha katering sahur. Bisnis ini dapat menjadi ide jualan bulan puasa 2022 yang laris karena banyak orang tidak sempat memasak sahur dan ingin sesuatu yang praktis.

Bumbu Jadi

Menjual bumbu jadi juga dapat dipertimbangkan sebagai ide bisnis kreatif di bulan Ramadan. Mereka yang tak ingin repot tapi juga hemat biasanya akan lebih memilih bumbu jadi untuk memasak. Selain bumbu jadi untuk makanan sahur atau berbuka, kamu juga bisa menyediakan bumbu opor atau rendang untuk Lebaran.

Kue Kering

Lebaran tak lengkap rasanya tanpa kue kering. Kebanyakan orang akan membeli nastar, putri salju, kastengel, dan lain-lain daripada membuatnya sendiri. Karena itu, ini bisa jadi ide jualan bulan puasa yang laris. Kamu yang tidak bisa bikin kue dapat menjadi reseller.

Ketupat

Selain kue kering, Lebaran juga tidak terasa sama tanpa ketupat. Ketupat cukup sulit dibuat dan ada kemungkinan untuk gagal jika tidak terbiasa. Karena itu, menjual ketupat bagi kamu yang jago membuatnya bisa menjadi ide julaan makanan bulan puasa 2022. Tak butuh banyak bahan, usaha ini adalah ide jualan bulan puasa modal kecil untung besar.

Baju Lebaran

Ide jualan bulan puasa selain makanan yang bisa jadi pertimbangan adalah baju lebaran. Banyak orang butuh busana muslim baru tapi tidak ada waktu untuk mencarinya. Kamu bisa menawarkan dan memasarkannya dari mulut ke mulut atau lewat media sosial dan situs belanja.

Jasa Tukar Uang

Banyak pula yang membutuhkan uang pecahan untuk bagi-bagi THR. Hal tersebut dapat dijadikan ide jualan kreatif selain makan di bulan puasa.

Penitipan hewan peliharaan

Ide jualan kreatif lain di bulan Ramadan yang dapat dicoba adalah membuka jasa penitipan hewan peliharaan. Kamu yang suka hewan dan tahu cara merawat juga memiliki tempat untuk menampung mereka patut mempertimbangkannya sebagai sumber penghasilan tambahan. Biasanya banyak orang mudik saat Lebaran dan ingin menitipkan sementara peliharaan mereka di tempat yang aman.

Laundry/ Jasa Asisten Rumah Tangga

Ketika ditinggal asisten rumah tangga, sebagian orang memilih untuk menitipkan baju kotor di tempat laundry. Cukup banyak pula mereka yang membutuhkan jasa pembantu untuk mempersiapkan hari raya. Ide jualan di bulan puasa ini cocok untuk kamu yang punya alat memadai atau sudah berpengalaman dalam menyalurkan ART.

(ami/ami)