ADVERTISEMENT

Cerita Pasangan Keliling Indonesia Naik Campervan Sambil Ajarkan Anak Belajar

Tim - wolipop Kamis, 07 Apr 2022 14:31 WIB
Keluarga Kusmajadi Foto: Instagram @keluarga.kusmajadi
Jakarta -

Pasangan suami istri ini punya cara yang berbeda untuk mengajarkan anak mereka pendidikan. Bukan di sekolah pada umumnya, mereka justru mengajak kedua anaknya keliling Indonesia naik campervan.

Melihat pentingnya tumbuh kembang anak remaja, pasangan suami istri yang satu ini memilih membesarkan putra dan putri mereka dengan cara unik. Abah Dodi dan Ambu Melati mengajak kedua anak mereka untuk belajar di campervan sambil keliling Indonesia.

Keluarga Kusmajadi demikian nama populer keluarga Dodi dan Melati, pernah menghabiskan waktu di jalan selama lebih dari tiga tahun. Mereka berkelana ke setiap provinsi di Indonesia dengan memakai mobil campervan yang diberi nama Si Moti.

Abah Dodi dan Ambu Melati dikaruniai dua orang anak bernama Hakim dan Sabiya. Saat pertama kali memulai perjalanan, Sabiya baru berusia 13 tahun. Sedangkan Hakim berusia 15 tahun.

Ide bermula dari Ambu Melati yang terkesima melihat kehidupan di Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia melihat ada banyak hal yang bisa dipelajari dengan terjun langsung ke lapangan. Mulai dari kebudayaan lokal, sejarah, proses pembentukan alam, hingga ilmu sosial.

Keluarga KusmajadiKeluarga Kusmajadi Foto: Instagram @keluarga.kusmajadi

Hal itu membuat Ambu Melati memutuskan untuk mengajak suami dan anak-anaknya berkeliling Nusantara. Awalnya, tak mudah membujuk dua anak remaja yang terbiasa tinggal di rumah untuk pergi berkelana.

"Hakim dan Sabiya sama sekali tidak menyukai ide perjalanan ini karena menurut mereka sangat aneh dan tidak lazim. Mereka juga memikirkan bagaimana caranya sekolah nanti," cerita Ambu Melati kepada HaiBunda, belum lama ini.

"Tetapi Hakim sudah home schooling terlebih dahulu, dan Sabiya kemudian juga harus home schooling ketika kami melakukan perjalanan. Mau tidak mau (ikut) karena memang tidak ada opsi lain. Anak-anak harus ikut, tidak mungkin dititipkan, dan perjalanan ini memang ditujukan untuk mereka belajar," tuturnya.

Abah Dodi yang semula bekerja di Malaysia kemudian membawa pulang keluarganya ke Indonesia. Mereka pun bersiap untuk melakukan perjalanan. Salah satunya dengan membuat mobil campervan yang digunakan sebagai rumah portable selama berpetualang.

Mobil berukuran besar itu didesain sedemikian rupa sehingga mampu melakukan perjalanan jauh. Di mobil ini, keempat anggota keluarga Kusmajadi juga dapat melakukan berbagai kegiatan sehari-hari seperti layaknya di rumah, termasuk untuk kedua anak mereka belajar.

Tak disangka, Hakim dan Sabiya mendapatkan banyak pelajaran selama di perjalanan. KLIK DI SINI untuk mengetauinya.



Simak Video "Kisah Anissa Susanto Hidup 3 Tahun di Campervan"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)