Bukan Crazy Rich Palsu, 3 Wanita Ini Masuk Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 16 Mar 2022 06:45 WIB
Selain masuk ke dalam daftar 50 besar orang terkaya di Indonesia, Arini pertama kali menjadi wanita paling kaya di Indonesia. Arini Subianto. Foto: Istimewa
Jakarta -

Belakangan banyak orang yang dijuluki 'crazy rich' karena sering mengumbar harta di media sosial. Tapi ternyata tak semua dari mereka benar-benar sekaya yang ditampilkan. Beberapa terbukti berpura-pura, menipu bahkan terlibat tindakan kriminal yang mematahkan kesombongan. Berbeda dengan para crazy rich palsu, tiga wanita ini tidak pernah pamer kekayaan tapi sukses masuk daftar orang terkaya di Indonesia.

Akhir tahun lalu, Forbes mengungkap 50 orang terkaya di Indonesia. Meski didominasi oleh pria, ada tiga wanita yang sukses menjadi pengusaha paling berharta dan masuk daftar. Kamu mungkin tidak familiar dengan nama-nama mereka karena ketiganya tidak pernah memamerkan gaya hidup glamour di YouTube atau Instagram. Siapa saja?

Marina Budiman - Peringkat 30

Wanita Terkaya Indonesia Marina BudimanWanita Terkaya Indonesia Marina Budiman Foto: Dok. Forbes

Marina Budiman menjadi salah satu wanita terkaya di Indonesia dari data yang dikumpulkan Forbes. Marina bisa disebut pendatang baru karena sebelumnya belum pernah masuk dalam daftar. Dilansir detikFinance, kekayaannya tidak lepas dari kenaikan saham PT DCI Indonesia Tbk (DCII) setelah go public.

Wanita kelahiran tahun 1961 yang merupakan salah satu pendiri PT DCI Indonesia itu disebut punya kekayaan bersih US$ 1,5 miliar. Perusahaannya sendiri bergerak di bidang operator pusat data dan menjadi yang terbesar di Indonesia.

Arini Subianto - Peringkat 44

Arini Sarraswati SubiantoArini Sarraswati Subianto Foto: Ahmad Zamroni/Forbes


Arini Subianto menempati urutan 44 dalam daftar orang terkaya Indonesia 2021. Wanita yang menjabat sebagai presiden direktur perusahaan induk keluarga, Persada Capital Investama tersebut dilaporkan punya kekayaan bersih US$ 975 juta. Bisnisnya adalah pengolahan kayu dan minyak sawit hingga pengolahan karet dan batu bara.

Berbeda dengan Marina, Arini bisa dibilang langganan masuk daftar orang terkaya. Ia memang dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses dan wanita Indonesia pertama yang menyandang status terkaya. Sosialita 52 tahun itu merupakan anak pertama Benny Subianto yang mewariskan perusahaan kepadanya sebagai anak pertama.

Kartini Muljadi - Peringkat 50

KPK memeriksa Ketua Yayasan Sumber Waras, Kartini Muljadi. Pemeriksaan ini untuk mengklarifikasi beberapa hal yang tercantum dalam audit BPK.Kartini Muljadi. Foto: Lamhot Aritonang

Meski berada di peringkat paling buncit dalam daftar orang terkaya 2021 versi Forbes, tentu harta Kartini Muljadi tidak lah sedikit. Ia disebut punya total kekayaan bersih US$ 695 juta. Kartini adalah salah satu pemilik dari Tempo Group yang membawahi Tempo Scan Pacific.

Dikatakan jika sebelumnya wanita 91 tahun tersebut adalah seorang hakim. Tak heran jika ia juga memiliki sebuah firma hukum bernama Kartini Muljadi & Rekan.

(ami/ami)